SEA Games, Kepala Pelatih Pencak Silat Indonesia Ajukan Banding

Pencak Silat nomor ganda putri artistik SEA Games 2023 Kamboja
Pencak Silat nomor ganda putri artistik SEA Games 2023 Kamboja
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Keputusan juri pada nomor ganda putri artistik SEA Games 2023 Kamboja menuai protes. Protes dilayangkan oleh Kepala Pelatih Timnas Pencak Silat Garuda Nusantara, Indro Catur Haryono.

"Dari pihak kita sudah melakukan protes secara tertulis, dijawab dibanding tingkat 1, jawabannya pertama tidak diterima protesnya namun kita masih melakukan banding. Sekarang masih dalam proses sehingga pemberian medali belum dilakukan ganda putri," ujar Indro saat ditemui wartawan usai pemberian medali.

Saat dikonfirmasi tenggang waktu jawaban atas banding tersebut, Indro menjelaskan, pihaknya berharap hari ini Senin (8/5/2023) sudah ada keputusan yang inkrah (pasti).

Menurutnya, bila banding diterima kemungkinan hasilnya bisa berubah. Atau bisa melalui kebijakan lain semisal tanding ulang di nomor tersebut.

"Mengingat protesnya baru naik ke TD, nanti akan dibahas. Kita tunggu saja dulu. Kita masih ada peluang meskipun kita lihat hasilnya bagaimana. Saya sebagai pelatih berjuang secara maksimal dan mereka (pesilat) secara teknis sudah tampil dengan bagus," tambahnya.

Indro menyayangkan keputusan juri tersebut. Indonesia dinyatakan kalah atas perwakilan Thailand. Ganda putri artistik asal Indonesia (Ririn Rinasih dan Riska Hermawan) diputuskan hanya memiliki skor 9,915 atau 0,030 poin saja dibawah Thailand.

"Satu partai di ganda putri, dimana dari sisi performa, penampilan, bahkan mungkin dari penonton, kita semua melihat secara performa lebih bagus. Namun, kenyataannya nilainya tidak lebih tinggi dari tim lawan, sehingga dimenangkan oleh Thailand," pungkasnya.