Kontroversi Tak Hanya Kali Ini, Wasit Shen Yinhao Pernah Dituduh Plagiasi Skripsi

Wasit asal China, Shen Yinhao
Sumber :
  • AFC

VIVA Jabar – Nama wasit Shen Yinhao menjadi perbincangan publik usai memimpin laga semifinal Piala Asia U-23 antara Indonesia vs Uzbekistan. Laga tersebut memang diwarnai sejumlah keputusan kontroversi wasit asal China itu.

Timnas Uzbekistan Diblacklist AFC dan FIFA Gegara Pakai Doping? Berikut Faktanya

Ternyata, kontroversi wasit Shen Yinhao tidak hanya terjadi di pertandingan Indonesia vs Uzbekistan, tapi juga terjadi di Liga China. Bahkan, Shen Yinhao dituduh melakukan plagiasi skripsi.

Dalam laga Indonesia vs Uzbekistan tersebut, tim Garuda Muda kalah 2-0. Keputusan wasit Shen pun disorot oleh banyak kalangan karena terkesan kontroversial.

Gagal di Final Piala Asia U-23, Pelatih Uzbekistan: Hasil yang Sangat Menyakitkan

Salah satu kontroversi dalam laga itu adalah ketika Witan Sulaeman dilanggar di tepi kotak penalti. Awalnya wasit, Shen, Yinhao memberikan tendangan bebas. VAR kemudian menintanya meninjau soal kemungkinan penalti. Setelahnya, Shen memutuskan tak memberikan penalti dan membatalkan tendangan bebas.

Kontroversi selanjutnya terjadi saat gol Indonesia dianulir VAR karena Ramadan Sananta dianggap offside dalam posisi yang sangat tipis.

Momen Pahlawan Jepang Menangis di Tengah Laga Final Piala Asia U-23

Tak berhenti di situ, kontroversi Shen yang juga banyak disorot saat ia memberikan kartu merah kepada Rizky Ridho usai meninjau VAR karena mengangkat kaki terlalu tinggi ke paha Jasurbek Jaloliddinov.

Ternyata, bukan hanya kali ini Shen Yinhao menjadi sorotan. Pada tahun 2020 lalu, ia juga menuai ketidakpuasan dari warga China sendiri saat memimpin laga Liga China antara Beijing Guoan vs Shandong Luneng pada laga Liga Super China.

Halaman Selanjutnya
img_title