Media Vietnam Singgung Nasib Ernando Ari Usai Naturalisasi Maarten Paes di Timnas Indonesia

Lionel Messi dan Maarten Paes
Sumber :
  • Tangkap layar

Jabar – Proses naturalisasi yang dijalankan PSSI kembali menjadi sorotan internasional dengan kedatangan Maarten Paes, kiper yang baru saja menyatakan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Maarten Paes Buka Suara Usai Tak Dipanggil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Pemain ini menjadi naturalisasi ke-11 yang dilakukan PSSI dalam tiga tahun terakhir, sebuah langkah yang telah menarik perhatian media Vietnam.

Dengan pengalaman di timnas Belanda junior dan klub Dallas FC di MLS, Maarten Paes diprediksi oleh media Vietnam akan segera mengambil alih posisi Ernando Ari, kiper andalan Timnas Indonesia.

Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Maarten Paes Sampaikan Hal Ini

"Meski Ernando Ari sempat bermain bagus, namun dalam waktu dekat Maarten Paes bisa menjadi kekuatan nomor satu Tim Garuda di turnamen regional dan kontinental," demikian komentar dari Bongda, sebuah media terkemuka di Vietnam.

Laporan tersebut juga menggarisbawahi kontribusi besar para pemain naturalisasi dalam peningkatan prestasi sepak bola Indonesia.

Pemain Timnas Indonesia Berpotensi Ditambah untuk Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

"Sepak bola Indonesia meningkat pesat beberapa tahun terakhir, dan kontribusi pemain naturalisasi tidak bisa dibilang kecil. Bahkan, penguatan ini yang menjadi kekuatan Timnas Indonesia saat ini," lanjut Bongda.

Selain itu, kedatangan Paes disebut-sebut sebagai faktor yang dapat memperbaiki kualitas Timnas secara keseluruhan, menggabungkan bakat lokal dengan keterampilan yang dibawa oleh pemain-pemain keturunan.

Halaman Selanjutnya
img_title