FA Malaysia Akui Tak Bisa Seperti Indonesia untuk Naturalisasi Pemain Timnas

Vietnam vs Malaysia
Sumber :
  • AFC

VIVA Jabar – Presiden FA Malaysia, Datuk Haji Hamidin Mohd Amin mengakui jika pihaknya tak bisa seperti Indonesia untuk menaturalisasi pemain timnas.

Link Live Streaming Playoff Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea

Pasalnya, Malaysia memiliki keterbatasan pemain keturunan yang berada di luar negeri.

Tak seperti Timnas Indonesia yang bisa mudah menemukan pemain di luar negeri karena pernikahan campuran, warga Malaysia jarang melakukan pernikahan campuran.

Bos Selangor FC Bantah Faisal Halim Bakal Pensiun Dini Usai Disiram Air Keras

"Saya pikir pemain keturunan itu perlu dilihat, banyak yang tak ada kaitan langsung, pemain keturunan ini adalah ada ibu atau ayah dia adalah orang Indonesia, jadi mereka layak mendapatkan paspor dan boleh bermain," kata Datuk dalam kanal YouTube Harimau Malaya, dikutip Rabu (8/5/2024).

Presiden FA Malaysia mengakui sulit untuk menemukan pemain keturunan dengan kualitas yang tinggi untuk membela Malaysia.

Rizky Ridho dan Justin Hubner Absen, Ini 3 Calon Kapten Timnas Indonesia U-23 di Laga Lawan Guinea

"Tidak akan sama dengan Filipina dan Indonesia yang punya banyak pemain keturunan yang banyak dan bisa mereka pilih, kita terbatas, apalagi banyak yang palsu, belum tentu ada turunan ayah dan ibu dari Malaysia," tegas Datuk.

Datuk mengakui tak sedikit pemain yang mengaku punya garis keturunan Malaysia. Meski ada pun, aku Datuk, sulit untuk menemukan karena pernikahan campuran tak banyak terjadi di Malaysia.

Halaman Selanjutnya
img_title