Memori Indah Timnas Indonesia Lawan Filipina, Pernah Bantai hingga 12 Gol Tanpa Balas

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan
Sumber :
  • PSSI

Jabar Timnas Indonesia akan menjamu Filipina dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa, 11 Juni 2024.

Garuda Muda vs Maladewa: Duel Perdana di Kualifikasi Piala Asia U-20

Jelang pertandingan tersebut, Timnas Indonesia punya kenangan indah ketika menghadapi Filipina. Skuad Garuda pernah menghancurkan The Azkals 12 gol tanpa balas.

Momen itu terjadi Piala Presiden 1972. Kemenangan gol-gol Timnas Indonesia dicetak oleh Waskito (5), Iswadi Idris (3). Kemudian Jacob Sihasale dan Abdul Kadir masing-masing mencetak dua gol.

Puji Skuad Garuda, Pelatih Laos U-16 Ingin Seperti Timnas Indonesia

Kemenangan itu membawa Indonesia lolos ke semifinal dan berhadapan dengan Malaysia. Pasukan Garuda saat itu menang 3-1 atas Malaysia dan tembus ke final.

Hanya saja, kedigdayaan Timnas Indonesia antiklimaks. Skuad Garuda gagal merebut gelar juara karena kalah dari Burma (Myanmar) di partai final.

Laos Puji Timnas Indonesia U-16: Tim Kuat

Itu bukanlah satu-satunya kemenangan besar Timnas Indonesia atas Filipina. Sebelumnya, Indonesia pernah menang 13-1 saat melawan Indonesia pada piala Tiger 2002. Ini menjadi kemenangan besar kedua yang pernah diraih Indonesia atas Filipina.

Menariknya, kemenangan besar ini terjadi di SUGBK, venue yang sama yang digunakan Indonesia melakoni laga penentuan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Halaman Selanjutnya
img_title