School Creative Hub 2024, Kadisdik Jabar: Hal yang Mustahil Akan Jadi Kenyataan di Esok Hari

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Banyak hal yang terlihat mustahil saat ini akan menjadi kenyataan esok hari. Kutipan dari film "Howl's Moving Castle" tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya pada kegiatan "School Creative Hub 2024" di Hotel Grand Pacific Kota Bandung, Selasa (7/5/2024).

Dibiayai Sponsor, Paslon Bupati Bisa Keluarkan Dana Rp25-30 Miliar Saat Pilkada

Kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh GoTo ini dihadiri puluhan siswa SMP dan SMA sederajat se-Bandung Raya.

Kadisdik mengungkapkan, untuk menggapai masa depan harus dimulai dengan mimpi besar dan diiringi langkah untuk menuju ke sana. "Karena, akan ada banyak hal yang terlihat mustahil saat ini akan menjadi kenyataan di esok hari," tuturnya.

PPDB Jabar 2024 Resmi Dibuka, Pj Gubernur: Bersih, Objektif, Transparan, dan Akuntabel

Adapun, tambahnya, keutamaan yang harus dimiliki adalah nilai kebermanfaatan, membangun jati diri, dan menggali potensi diri. "Setelah menemukan potensi tersebut, buat tahapan tangga masa depan agar bisa ditapaki untuk menuju ke sana," katanya. 

Kadisdik mencontohkan, karya manga atau anime adalah keberhasilan Negara Sakura dalam mengenalkan identitas budayanya. Selain itu, ada nilai baik dari setiap cerita yang menjadi inspirasi kehidupan. "Dari 'One Piece' kita belajar tentang kesetiakawanan, dari 'Boruto' kita belajar tanggung jawab dan dari 'Jujutsu Kaisen' kita belajar tentang orang-orang yang melindungi masyarakat," imbuhnya. 

Kadisdik Jabar Resmikan Dome Lapangan Serbaguna SMKN 1 Garut

Budaya tersebut, terang kadisdik, diharapkan mampu dicontoh oleh generasi muda saat ini agar bisa membawa budaya Indonesia mendunia. "Saat belajar tentang seni budaya, jangan hanya belajar tentang materi seninya saja, tetapi bagaimana dengan seni budaya kita bisa menguasai dunia," tegasnya. 

Kadisdik pun mengapresiasi GoTo yang konsisten memberi wadah kreativitas bagi siswa. "Mudah-mudahan kolaborasi ini terus belanjut agar semakin banyak putra-putri kita yang lebih baik lagi dari sekarang," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title