Pendaftaran Bakal Calon Rektor Universitas Indonesia Periode 2024-2029 Dibuka, Berikut Jadwalnya

Pemilihan Bakal Calon Rektor UI
Sumber :
  • Viva

VivaJabar – Pembukaan bakal calon rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2024-2029 telah resmi dibuka. Pendaftaran tersebut berlangsung pada tanggal 15 Juli-3 Agustus 2024.

Jadi Murid Rocky Gerung, Dian Sastrowardoyo: Gak Enak Banget

Dr. (H. C.) K.H. Yahya Cholil Tsaquf selaku Ketua Majelis Wali Amanat UI, mengatakan bahwa pemilihan rektor UI ini terbuka untuk umum dengan persyaratan yang telah ditentukan. Semua tahapan seleksi akan diadakan secara efektif dan efisien dengan prinsip akuntabilitas, transparansi, dan meritrokrasi.

uni

Dokter Djaja Sosok Ahli Sianida di Kasus Jessica, Ini Profilnya

Kampus Universitas Indonesia

Photo :
  • screenshot berita viva news

Bakal calon rektor tersebut harus bisa memenuhi syarat utama, yaitu berkewarganegaraan Indonesia, sehat secara jasmani dan rohani, berpendidikan dengan gelar doktor atau setara dengan spesialis, belum berusia 60 tahun ketika dilantik menjadi rektor, bukan anggota partai politik atau organisasi yang berafiliasi dengan partai politik paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran, tidak pernah dihukum berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

Pamer Foto Semasa Kuliah, Maia Estianty Disebut Mirip Fuji

Selain itu, bakal calon rektor juga harus mempunyai integritas, komitmen, serta kepemimpinan. Juga memiliki kreativitas untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki kampus UI. Bakal calon rektor harus berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi, dan memiliki kematangan personal, keterampilan interpersonal, serta kemampuan kerja sama yang baik dengan pemangku kepentingan.

Adapun proses pemilihan ini akan diadakan dalam lima tahap. Pertama tahap penjaringan, penyaringan, pemungutan suara, penetapan, dan pelantikan. Lima tahap ini dilaksanakan oleh Pansus Pilrek yang dibentuk oleh MWA dan P3CR, yaitu panitia ad hoc yang dibentuk oleh Pansus Pilrek dan anggotanya berasal dari warga UI dan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title