Terpilih di IDFA 2019, Film Dokumenter 'Pesantren' Siap Tayang di Bioskop Online

Film Pesantren siap tayang
Sumber :
  • antvklik.com

VIVA Jabar – Kehidupan Pesantren memiliki keistimewaan tersendiri bagi mereka yang pernah menghuni di dalamnya. Pesantren yang dulunya terkesan kumuh dan terbelakang, saat ini sudah unggul dengan mengikuti perkembangan zaman.

ULBI Sosialisasi Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia ke Pesantren dan Madrasah

Lewat film ini, penonton akan disuguhkan dengan fenomena kehidupan santri yang ada di Pondok Kebon Jambu Al-Islamy Cirebon yang diasuh oleh Nyai Masriyah Amva. Ia adalah sosok perempuan tangguh yang memimpin Pesantren tradisional tersebut.

Shalahuddin Siregar sebagai sutradara film ini memiliki alasan tersendiri mengangkut kehidupan Pesantren sebagai film Dokumenter yang akan tayang Dalam waktu dekat ini.

Aa Gym Sampai Minta Dihargai, Kesal Lihat Muda-mudi Pacaran di Samping Pesantrennya

Bagi sang Sutradara pesantren bukan hanya sekedar tempat belajar mengaji, namun juga ada kegiatan seni yang menjadi ajang bagi para santri yang menyukai seni musik, kompetisi stand-up Comedy, sampai diskusi antara guru dan murid yang kekinian. 

“Saya sendiri seorang Muslim, tetapi saya tidak pernah mengenyam pendidikan di pesantren. Ketidaktahuan saya sendiri dan prasangka penonton saya tentang pesantren memicu keingintahuan saya untuk mengetahui seperti apa kehidupan nyata di pesantren,” ungkap sutradara yang akrab disapa Udin ini.

Aa Gym Murka, Lingkungan Pesantrennya Jadi Tempat Pacaran Anak Muda, Ditegur Malah Cuek

"Saya ingin tahu bagaimana kehidupan para siswa, apa yang mereka pelajari di kelas mereka dan kehidupan seperti apa yang mereka impikan untuk diri mereka sendiri setelah mereka lulus. Apa yang saya temukan mengejutkan dan menginspirasi saya. Dengan film ini, saya berharap ini akan mengejutkan dan menginspirasi orang lain,” lanjutnya.

Karya yang dibuat dengan keinginan tulus ini membuahkan hasil yang manis. Pasalnya, film ini berhasil terpilih di International Documentary Film Festival Amsterdam (IDFA) 2019, dan telah mengikuti beberapa festival film lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title