Kebiasaan yang Picu Anyang-Anyangan, Termasuk Cara Cebok yang Salah

Ilustrasi sakit perut
Sumber :
  • Pinterest

VIVA Jabar – Semakin banyaknya kasus anyang-anyangan di masyarakat menyoroti pentingnya pemahaman tentang kebiasaan yang dapat memicu kondisi ini.

PKH Tahap 2 Cair Bulan Juni 2024, Cek Penerimanya Disini

Anyang-anyangan, atau disebut juga sistitis, adalah infeksi pada saluran kemih yang seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman saat buang air kecil.

Salah satu faktor utama yang dapat memicu anyang-anyangan adalah kebiasaan cebok yang tidak benar. Dokter spesialis urologi, Dr. Ananda Putra, menjelaskan bahwa banyak orang tidak menyadari pentingnya teknik cebok yang tepat untuk menjaga kebersihan area intim.

Diana, Skater Berstatus ASN Asal Subang Ingin Pemda Gelar Kejuaraan

"Cara cebok yang salah, terutama dari arah belakang ke depan, dapat membawa kuman dari area anus ke saluran kemih, menyebabkan infeksi," ujarnya.

Selain itu, kebiasaan menahan buang air kecil juga dapat memicu anyang-anyangan. "Menahan buang air kecil secara terus-menerus dapat memperbesar risiko terkena infeksi saluran kemih karena memungkinkan bakteri berkembang biak di dalam kandung kemih," tambah Dr. Ananda.

Bisa Melalui DANA, Program Bantuan PKH Segera Cair! Cek Jadwalnya Disini

Untuk mencegah anyang-anyangan, beberapa langkah sederhana seperti, dikutip dari tvOnenews:

1. Cara Cebok yang Benar: Gunakan tisu basah atau air bersih, dan pastikan untuk membersihkan dari depan ke belakang, menghindari penyebaran bakteri dari area anus ke saluran kemih.

Halaman Selanjutnya
img_title