Sebelum Dikonsumsi, Sebaiknya Daging Kurban Dicuci Terlebih Dahulu

Ilustrasi daging
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Sebentar lagi umat Muslim akan merayakan perayaan Idul Adha dengan melaksanakan ibadah kurban yakni menyembelih hewan sebagai tanda pengorbanan dan ketaatan kepada Allah.

5 Bagian Daging Sapi yang Enak dan Sehat

Setelah proses penyembelihan hewan kurban, langkah selanjutnya yang mungkin masih sering terlewatkan adalah mencuci daging kurban sebelum diolah menjadi makanan untuk dikonsumsi. 

Executive Chef Aprez Cafe, Stefu Santoso menjelaskan pentingnya untuk mencuci daging kurban terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal tersebut dijelaskannya di sela-sela acara Kick-off Aussie Beef Mates pada baru-baru ini. 

Bak Hantu, Gurita Bertelinga Besar Hidup di Bagian Paling Dasar Laut Hawaii

“Kalau daging kurban sebaiknya menurut saya lebih baik dicuci dulu,” kata Chef Stefu Santoso di Kick-off Aussie Beef Mates, Raffles, Jakarta Selatan pada Kamis, 15 Juni 2023. 

Mengapa daging kurban harus dicuci terlebih dahulu? Karena biasanya daging kurban yang sudah dipotong diletakkan di atas terpal atau alas lain yang mungkin terdapat bakteri. Belum lagi, daging sudah berada di luar dalam waktu yang cukup lama.

Meski Sistem Saraf Sederhana dan Otak Tak Terpusat, Cara Berfikir Ubur-ubur Lebih Hebat

“Karena kita melihat ya ini kenyataan sebagai sebuah budaya, saya tidak menyatakan ini salah kadang berkurban itu mereka potong terus langsung dagingnya waktu dia mau bagi itukan ditaro di terpal, di lantai ya kita gak tahu ya alasnya itu apa,” terangnya. 

“Terus kemudian daging sudah berada di luar dalam jangka waktu yang cukup lama, dagingnya pun menjadi anget karena memang abis dipotong terus dia tidak langsung didinginkan. Nah itu, saya menyarankan dicuci,” sambung penjelasannya. 

Halaman Selanjutnya
img_title