Puluhan Usaha Kuliner Khas Solo Ikut Semarakkan Peringatan Hari UMKM Nasional

Peringatan Hari UMKM Nasional di Solo, Para Pelaku Usaha Kuliner
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hadir dalam perayaan Hari UMKM Nasional di Pamedan Puro Mangkunegaran, Surakarta sejak 10-13 Agustus 2023.

DANA Manjakan Pengguna dengan Saldo Gratis Tiap Bulan Hingga Ratusan Ribu, Ini Caranya

Menariknya, dalam acara tersebut terdapat satu spot yang dipenuhi oleh 40 pelaku UMKM kuliner.

Mereka menjual berbagai macam makanan dan minuman yang masuk dalam Juara Lokal Solo berdasarkan penilaian Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) serta GoFood. 

PSSI Pastikan Laga Timnas Indonesia U-23 vs Guinea Disiarkan di TV Nasional

Juara Lokal dikurasi secara khusus berdasarkan rekomendasi hidangan khas, resto legendaris, hidden gem, dan favorit masyarakat setempat, serta UMKM kuliner lokal yang memiliki pertumbuhan bisnis positif dan memiliki potensi untuk terus berkembang.

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Beberapa UMKM kuliner unggulan berdasarkan penilaian tersebut hadir memeriahkan acara tahunan yang kali ini diadakan di kota mereka. Ada Soto Seger Hj. Fatimah, Dawet Telasih Yu Dermi, Leker Gajahan Bapak Fathoni, Selat Viens dan Cold N Brew. Kelima pelaku UMKM ini mewakili 40 Juara Lokal Solo lain.

Mayoritas dari mereka adalah penerus usaha orang tua yang sudah dirintis selama puluhan tahun, bahkan ada yang sudah berjualan sejak 1930-an, berbarengan dengan berdirinya Pasar Gede Harjonagoro Solo.

Halaman Selanjutnya
img_title