Ajaran Segitiga Emas Pimpinan Puang Nene di Bone Sesat, MUI: Penyembahan Berhala

Ilustrasi aliran sesat
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Jabar – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan menegaskan aliran Al Mukarrama Al Khaerat, Segitiga Emas Sunda Nusantara diduga sesat karena telah menyimpang dari ajaran Islam.

Jadi Jurnalis 12 tahun, Lukman Pimpin PDAM Subang

Diketahui sebelumnya aliran ini dipimpin Walinono alias Puang Nene

"Dari penelusuran, itu memang ada ajaran menyimpang yang mengarah pada penyembahan berhala," sebut Ketua MUI Bone, Prof KH Muhammad Amir saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu, 25 Maret 2023.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya di Piala Asia U-23

Berdasarkan hasil penelusuran tim, selain dugaan menyembah berhala, juga ditemukan dalam ajarannya diduga melarang pengikutnya menunaikan Salat Jumat.

"Artinya, tidak melarang salat Jumat semua pengikutnya. Begitu juga salat lima waktu, tidak dilarang, hanya saja yang bersangkutan tidak salat, karena dia tidak tahu tujuan salat itu di mana," kata Amir.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia U-23 Raih Prestasi di Piala Asia U-23

Sejauh ini banyak pengikut dari Puang Nene itu telah meninggalkan ajaran tersebut karena dinilai telah menyimpang dari ajaran agama Islam yang sebenarnya.

Selain itu, yang bersangkutan pernah diusir Pemerintah Bone disebabkan ajarannya, namun belakangan datang kembali dengan menyebarkan ajarannya secara sembunyi-sembunyi.

Halaman Selanjutnya
img_title