Inilah 12 Ramalan Jayabaya yang Disebut-sebut Berkaitan dengan Bangsa Indonesia

Ilustrasi Raja Jayabaya
Sumber :

VIVA Jabar – Penguasa Kerajaan Kediri, yakni Sri Maharaja Sang Mapanji Jayabhaya Sri Warmeswara Madhusudana Awataranindita Suhtrisingha Parakrama Uttunggadewa, atau yang lebih dikenal dengan gelar Prabu Sri Aji Jayabaya merupakan Raja yang berkuasa dari tahun 1135 sampai 1159.

Tips Membuat Hidangan Nusantara yang Lezat Ala Chef Norman Ismail

Kerajaan Kediri mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Raja Jayabaya ini. Selain dikenal sebagai pemimpin kerajaan, Jayabaya juga dikenal sebagai seorang peramal masa depan di wilayah Nusantara.

Ramalan Jayabaya tersebut tertuang dalam sebuah kitab yang berjudul 'Ramalan Jayabaya'.

Peringati Hari Batik Nasional, Berikut Makna 8 Motif Batik Nusantara yang Miliki Nilai Filosofis

Kitab ini masih dipercaya masyarakat hingga saat ini. Salah satu yang sering disebut-sebut mengenai ramalan Jayabaya tersebut ialah yang berkaitan dengan pemimpin di wilayah Nusantara ini.

Dikutip dari viva.co.id pada Jum'at, 1 Maret 2024, inilah 12 ramalan Jayabaya yang kemungkinan besar relevan dengan kondisi Negara dan Bangsa Indonesia:

Ini Cara Kaum Emak-emak Pertahankan Warisan Budaya Bahan Kuliner 'Rempah-rempah'

1. Mbesuk yen ana kreta mlaku tanpa jaran, tanah Jawa kalungan wesi, prahu mlaku ing dhuwur awang-awang, kali ilang kedunge pasar ilang kumandange. Iku tanda yen tekane jaman Joyoboyo wis cedak. Artinya: “Besok kalau sudah ada kereta berjalan tak berkuda, tanah Jawa berkalung besi, perahu berjalan di atas angkasa, sungai kehilangan lubuknya, pasar hilang kumandangnya, itulah tanda bahwa zaman Jayabaya semakin dekat."

2. Anak mangan bapak (anak berani melawan bapaknya).

Halaman Selanjutnya
img_title