Sosialisasi Internal PPDB 2024, Hadirkan PPDB yang Lebih Bersih dengan Jujur dari Awal

Kadisdik Jabar, Wahyu Mijaya
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Saya mohon kita sama-sama satu frekuensi supaya PPDB tahun ini lebih bersih, mari jujur dari awal."

Jadwal EURO 2024, Ada Timnas Belanda hingga Inggris

Amanat tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya dalam "Sosialisasi Internal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2024" di Grand Pasundan Convention Hotel, Kota Bandung, Selasa (14/5/2024).

"Ini yang harus sama-sama kita satu frekuensikan, satu gerak langkah, satu pemahaman," ucapnya.

Pelatih Kroasia Minta Maaf Usai Dibantai Spanyol 3-0

Upaya menghadirkan PPDB yang bersih ini, tambah Kadisdik, salah satunya dengan menandatangani Pakta Integritas "siap diberhentikan dari jabatan".

"Saya yakin, kalau kita mencoba bersih, masyarakat pasti bersama kita. Ini pasti tidak mudah, tetapi mudah-mudahan kita bisa melaluinya dengan baik," ujar Kadisdik.

Gol Cepat Albania Tak Kendurkan Semangat Juang Timnas Italia

Selain itu, lanjutnya, juga dilakukan "Komitmen Bersama" yang isinya antara lain menjaga keamanan pelaksanaan PPDB, tidak ada intervensi dari pihak mana pun, dan tidak ada pungutan liar.

Kadisdik menjelaskan, PPDB ini terdiri dari dua tahap, yakni tahap 1 dan tahap 2. Tetapi, sebelum tahap 1 sebetulnya ada pra-tahap 1. Pra-tahap 1 ini diperuntukkan bagi keluarga ekonomi tidak mampu (KETM) yang masuk kategori "kemiskinan ekstrem". "Jadi, hanya data yang masuk kemiskinan ekstremlah yang akan disalurkan/difasilitasi (sekolahnya)," ungkap Kadisdik.

Halaman Selanjutnya
img_title