Perjuangan Toko Grosir Bertahan Tiga Generasi Ditengah Merebaknya Franchise

Toko Grosir
Sumber :
  • Pinterest

Jabar, VIVA - Di bilangan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terletak Toko Kiem Tek, sebuah toko grosir yang sudah berdiri selama puluhan tahun. Sekarang, roda bisnis toko ini diteruskan oleh cucu dari sang pendiri. Indra ialah generasi ketiga Toko Kiem Tek, yang kini menjalankan operasional toko itu sehari-hari. 

Pemilik Will In Travel Hilang Pasca Kecelakaan Maut Ciater Subang

Ia berkisah, sang kakek membuka Toko Kiem Tek di Pasar Cibinong. Kemudian, diteruskan ayahnya, dan kini estafet berlanjut ke Indra.

“Toko ini dimulai oleh kakek saya di Pasar Cibinong. Sudah bertahun-tahun lalu diturunkan ke ayah saya. Dan saya merupakan generasi ketiga yang berusaha melanjutkan usaha ini,” kata Indra, mengenang perjalanan panjang Toko Kiem Tek, Selasa 13 Agustus 2024.

Rombongan Dari Bogor Geruduk Lembur Pakuan Dukung Dedi Mulyadi Maju di Pilgub Jabar

Upaya untuk menjaga kelangsungan usaha ini salah satunya Indra lakukan dengan membawa Toko Kiem Tek menyambut digitalisasi. Toko ini merupakan salah satu Mitra Sampoerna Retail Community (SRC), pedagang grosir yang berperan untuk memasok produk ke Toko SRC dan toko-toko kelontong lainnya. 

Mitra SRC mendapatkan pendampingan pengembangan usaha dan dukungan digitalisasi dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) sebagai bagian dari program pemberdayaan SRC yang ditujukan bagi toko kelontong maupun grosir. Kini, terdapat 6.300 Mitra SRC yang aktif berkolaborasi dengan lebih dari 250.000 toko kelontong anggota SRC di seluruh Indonesia. 

Senyum Ceria Inara Rusli Mengembang Usai Beli Rumah Baru Hasil Keringat Sendiri

Indra mengatakan, saat tim Sampoerna memperkenalkan Mitra SRC pada tahun 2015, Toko Kiem Tek tak menyia-nyiakan kesempatan itu. “Toko kami dibina untuk menjadi lebih maju. Selain itu, kami juga diberikan peluang untuk membina toko-toko kelontong,” ujar Indra.

Ketertarikan Indra untuk bergabung dengan Mitra SRC salah satunya didasari oleh fokus Sampoerna mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ke arah pemanfaatan digitalisasi. Hal ini rupanya juga sejalan dengan visi dari Indra dan sang ayah sejak sembilan tahun yang lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title