Dampak Ekonomi Pertanian Komoditas Tembakau di Indonesia Jangan Dianggap Remeh

Teknologi Pertanian
Sumber :
  • Pinterest/shutterstock.com

 

Kenalkan Produk Tembakau Alternatif Demi Tekan Angka Prevalensi Perokok

Jabar, VIVA - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menjalankan program kemitraan dengan petani melalui perusahaan pemasok yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani hingga kualitas tembakau. Kemitraan ini dijalankan ke berbagai sentra pertanian tembakau, salah satunya di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang memberikan dampak kepada warga Dukuh Ngepoh, Desa Sumberharjo, Kecamatan Eromoko.

Di antaranya, ada yang menggunakan penghasilan dari pertanian tembakau untuk membeli alat produksi, membeli kendaraan untuk mendukung produktivitas, memperluas ladangnya agar semakin banyak tembakau yang ditanam, dan bahkan membangun rumah bagi keluarganya.

Wisata Alam Taman Posong, Keindahan Sunrise Bikin Pengunjung Terpesona

Salah satunya dirasakan Erni Atmiarsih (49), istri Suprapto (53) yang merupakan salah satu petani mitra pemasok Sampoerna. Erni menceritakan, suaminya bergabung dalam program kemitraan petani tembakau sejak 2016. Saat itu, istri para petani juga mendapatkan sosialisasi terkait program kemitraan dan pertanian tembakau. Sehingga, Erni tidak kaget saat suaminya memutuskan ikut bergabung sebagai petani mitra.

 

Festival Budaya Tlilir Digelar di Kampung Tembakau, Unik dan Menarik

Istri Petani Tembakau

Photo :
  • Istimewa

"Jadi istri mendapat penjelasan soal program kemitraan. Hingga kini, saya ikut mendampingi bapak menanam tembakau," kata Erni, Rabu 14 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title