Pelajar hingga Disabilitas Dapat Tarif Khusus Naik Bus Trans Metro Pasundan

Trans Metro Pasundan (TMP)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kabar baik bagi pelajar atau mahasiswa, lansia dan penyandang disabilitas pengguna angkutan umum dalam menunjang mobilitas kesehariannya. 

Berkah Undang-Undang, Pelaksanan Pilkades di 165 Desa Ditunda

Ketiga kategori tersebut dapat menikmati tarif khusus, ketika menggunakan angkutan umum Trans Metro Pasundan (TMP) di lima layanan koridor, yakni koridor Soreang-Leuwipanjang, koridor Baleendah-BEC, koridor tiga Alun-alun Kota Bandung-Kota Baru Parahyangan, koridor Leuwipanjang-Dago dan koridor Dipatiukur-Jatinangor.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat Agus Didik mengatakan, mereka dapat melakukan registrasi melalui aplikasi Teman Bus yang dapat diunduh melalui telepon seluler. 

Jelang Pilkada Serentak, Bima Arya Siap Majukan Jawa Barat Melalui Pilgub Jabar 2024

Sebelumnya, para pengguna TMP wajib memiliki kartu e-money yang bisa didapat melalui perbankan penyedia layanan. Sebab transaksi tidak lagi menggunakan uang tunai, melainkan lewat kartu tersebut.

“Jadi Kementerian Perhubungan memberikan tarif khusus kepada tiga golongan. Hari ini disosialisasikan integrasi tarif. Kemudian bila ada perpindahan koridor, selama masih dua jam itu tidak dikenakan tarif. Ini berlaku di lima koridor yang sudah beroperasi dan berlaku terhitung dari 1 Juli yang akan datang,” ungkap Agus kepada wartawan di Bandung, Selasa, 13 Juni 2023.

Siap-siap, Pemda Subang Usulkan Ratusan Formasi CPNS dan PPPK Tahun Ini

Penerapan tarif khusus tidak dibatasi oleh jangka waktu dan akan terus berlaku terhitung sejak 1 Juli 2023. Pihaknya berharap dengan adanya stimulus ini, pengguna angkutan umum di Bandung Raya dapat meningkat. Sebagai upaya meminimalisir kemacetan di jalan raya serta emisi karbon.

Targetnya adalah shifting atau perpindahan dari menggunakan angkutan pribadi ke angkutan umum, khususnya anak sekolah yang suka menggunakan roda dua, supaya berpindah untuk menggunakan angkutan umum karena diharapkan kedepan dilakukan pengembangannya di Cekungan Bandung, khususnya di Bandung Raya akan dikembangkan BRT. 

Halaman Selanjutnya
img_title