Heboh, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Sebut Haleluya Sama dengan Tahlil

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Seakan tidak ada habisnya jika membicarakan kontroversi yang dibuat oleh Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu. Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang memang dikenal sebagai sosok yang penuh kontroversi dengan dimulai dari sholat Idul Fitri dan Azan ‘nyeleneh’. 

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Terkini, Panji menyebut bahwa haleluya adalah milik semua umat di Indonesia yang memiliki Tuhan. Karena itu, banyak warganet yang semakin mempertanyakan ucapan-ucapan pendiri Ponpes Al Zaytun tersebut karena semakin nyeleneh.

Panji Gumilang juga mengatakan bahwa haleluya dan tahlilan adalah hal yang sama. Ungkapan kontroversial tersebut disampaikan dalam sebuah video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok @herrypatoeng yang dilansir pada Kamis, 15 Juni 2023. 

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

Dalam wawancara secara eksklusif tersebut, pendiri Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu, Panji Gumilang mengaku bahwa dirinya tidak setuju apabila ucapan dan nyanyian Haleluya itu hanya milik penganut agama Nasrani atau Kristen.

"Haleluya itu jangan dianggap milik Nasrani. Merupakan milik umat Indonesia yang punya Tuhan," kata Panji Gumilang dalam video yang diunggah akun media sosial TikTok @herypatoeng.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Menurut Syeikh Panji Gumilang, Haleluya memiliki arti besarkan Tuhan. Di Indonesia, kata dia, berpedoman pada asas ketuhanan yang maha esa. Sehingga, menurut Panji Gumilang bahwa ucapan dan nyanyian tersebut sama dengan tahlil yang dilakukan oleh umat Islam di Indonesia.

Sontak saka, warganet yang melihat unggahan tersebut semakin geram dengan ucapan dari pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu tersebut. Warganet meminta kepada pihak setempat untuk tegas menyatakan bahwa ajaran Panji Gumilang itu menyimpang. 

Halaman Selanjutnya
img_title