Mbah Imam Ceritakan Awal Berdirinya Al Zaytun hingga Kini 'Dikuasai' Panji Gumilang

Komplek Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pendiri Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) Imam Supriyanto berbicara awal mula keberadaan Panji Gumilang di Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, yang kini tengah jadi sorotan lantaran sederet kontroversi.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Dalam program Catatan Demokrasi tvOne yang tayang pada Selasa, 20 Juni 2023, Imam mengungkap bahwa dia merupakan pendiri Pesantren Al Zaytun sebelum Panji Gumilang berkuasa.

Imam tidak sendirian, saat mendirikan Pesantren Al Zaytun pada tahun 1994, dia dibantu oleh temannya yang bernama Haji Sarwani (almarhum).

ULBI Sosialisasi Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia ke Pesantren dan Madrasah

“Saya sebagai salah satu pendiri dengan Haji Sarwani almarhum, kita ingin menampilkan kader-kader melalui pendidikan formal, jadi alumni-alumni ini bisa tampil dengan pendidikan yang kita dirikan,” ujar Imam dikutip Jumat, 23 Juni 2023.

Menurutnya saat awal didirikan, Pesantren Al Zaytun masih murni mengajarkan agama seperti pesantren-pesantren pada umumnya, namun, semua berubah setelah Panji Gumilang datang.

Aa Gym Sampai Minta Dihargai, Kesal Lihat Muda-mudi Pacaran di Samping Pesantrennya

Lebih lanjut, Imam pun mengungkap bagaimana kisahnya bertemu dengan Panji Gumilang. Pada tahun 2005, Haji Sarwani meninggal dunia, sehingga hanya ia sendiri yang mengurus Al Zaytun, maka dia mencari pengurus.

“Waktu itu diangkatlah Panji Gumilang, MYR Agung Sedayu, Abu Sabit dan Abdul Halim, jadi siapa yang mengangkat dan menetapkan, ya (saya) Imam Supriyanto,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title