Fashion Show Domba Kurban, Jadi Tradisi Jelang Idul Adha di Sukabumi

Fashion Show Domba Kurban
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Berbagai cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menyebarkan syari'at Islam, terlebih ada momentum seperti hari raya. Salah satu cara unik dalam menyebarkan syiar ada di Sukabumi, Jawa Barat. Setiap tahunnya, mereka mengadakan domba hias yang akan dikurbankan ketika hari raya Idul Adha tiba.

Ada yang Mondok di Gontor, Ini 5 Artis Indonesia Jebolan Pondok Pesantren

Layaknya fashion show, domba-domba yang akan disembelih pada hari Idul Adha itu dirias sedemikian rupa. Tak hanya itu, hiasan hewan ternak itu juga mengusung bermacam tema.

Seperti kali ini, ada riasan domba dengan mengusung tema kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, ada pula yang menggunakan tema ibadah haji. Ke-12 domba yang dihias oleh para santri tersebut, bertujuan untuk menyampaikan makna dari hari raya Idul Adha.

Rekaman Percakapan Habib Bahar dan Hercules Tersebar di Medsos, Apa Isinya?

Usut punya usut, ternyata fashio show domba yang dilaksanakan menjelang hari raya Idul Adha itu diprakarsai sebuah Pondok Pesantren Dzikr al-Fath yang diasuh oleh KH. Fajar Laksana.

KH. Fajar mengatakan bahwa apa yang dilakukan itu sebagai media dakwah dan syarat dengan pesan serta motivasi agar masyarakat mau berkurban sesuai dengan syariat Islam.

Ingin Tinggalkan Indonesia, Ivan Gunawan Bongkar Alasannya

"Dalam rangka syiar dakwah supaya masyarakat mau memotong hewan kurban atau berkurban sesuai syariat ajaran Islam, maka tiap tahun kita mengadakan lomba merias domba agar domba yang akan dikurbankan itu dicuci bersih terlebih dahulu lalu kemudian dirias," ujar Pimpinan Ponpes Al Fath, KH Fajar Laksana, Rabu (28/6/2023).

Kemudian, pimpinan Pesantren itu juga mengatakan bahwa hewan yang akan dikurbankan harus dicuci bersih, dikasih makan dan dirapikan sebelum besoknya disembelih. Ini menunjukkan bahwa hati kita ada rasa kasih sayang terhadap binatang, apalagi yang akan dikurbankan untuk menebus dosa-dosa kita.

Halaman Selanjutnya
img_title