Moeldoko Ungkap Awal Mula Kedekatan dengan Panji Gumilang hingga Berkunjung ke Al Zaytun

Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang
Sumber :
  • Kolase tvOne

VIVA Jabar – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengakui memiliki kedekatan dengan Panji Gumilang dan Pondok Pesantren Al Zaytun. Mantan Panglima TNI ini pun mengungkap awal mula dirinya memiliki kedekatan dengan Pondok Pesantren Al Zaytun dan Panji Gumilang.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Dia bercerita kedekatannya dengan Al Zaytun dan Panji Gumilang telah terjalin sejak tahun 2010 ketika dia masih menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi.

Moeldoko mengatakan kedekatan ini bermula dari rasa penasarannya terkait Pesantren Al Zaytun yang kerap dikait-kaitkan dengan organisasi terlarang Negara Islam Indonesia (NII).

Ponpes Al Hanifiyyah Tempat Santri Tewas Usai Dianiaya Tidak Berizin

“Waktu saya Pangdam dulu, Pangdam 3 Siliwangi, saya penasaran dengan Al Zaytun karena yang saya dengar bahwa ada isu tentang NII dikait-kaitkan dengan Al Zaytun, suatu saat saya pengen kesan. Waktu itu komandan saya mengatakan ‘waduh, sulit panglima’ tapi saya tetap datang ke sana,” ujar Moeldoko dalam program Fokus tvOne seperti dilihat Rabu, 5 Juli 2023.

Moeldoko mengungkap kedatangannya ke Al Zaytun selain untuk mencari tahu kebenaran isu adanya NII di Al Zaytun, dia juga ingin menanamkan kesadaran bela negara kepada para santri.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

“Saya tidak ingin kehadiran kami malah merusak tradisi yang sudah ada di pesantren, untuk itu ‘ayo saya minta temen-temen dari pesantren datang ke kodam, mari kita susun bersama kurikulum yang akan kita kembangkan dalam konteks penguatan bela negara,” cerita Moeldoko.

Moeldoko mengklaim pendekatan semacam ini tidak hanya ia terapkan di Al Zaytun saja, melainkan juga di seluruh pondok pesantren yang ada di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title