Medali Emas di SEA Games Meningkat, Keberhasilan atau Hanya Semu? Ini Kata Oegroseno

Komjen Pol (Purn) Oegroseno - Bakal Caketum KOI
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Peningkatan jumlah medali emas di SEA Games 2023 menjadi isu debatable. Banyak yang menilai sebagai keberhasilan, tapi tak sedikit pula yang menganggap peningkatan jumlah raihan emas itu bukan tolak ukur kesuksesan. 

Erick Thohir Tegaskan Piala AFF Hanya Trial, Bukan Prioritas

Salah seorang kandidat Caketum NOC of Indonesia atau Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Oegroseno mengkritisi suksesi Timnas Indonesia di laga 2 tahunan itu. 

Bagi Oegroseno, yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP PTMSI) itu, keberhasilan bukan saja dilihat dari dalam. Keberhasilan bukan saja dilihat dari angka-angka pundi medali, melainkan bagaimana publik atau masyarakat luas memberikan penilaian. 

Dinilai Punya Potensi, Timnas Indonesia U-23 Diharap Lolos ke Olimpiade 2024 Paris

Diakuinya, secara pribadi tidak memiliki hak untuk memberikan penilaian. Ia pun tidak dalam posisi mutlak untuk memberikan penilaian apakah kontingen Indonesia berhasil atau tidak di SEA Games Kamboja. 

Menurut Oegroseno, alangkah bijak dan elegan, penilaian itu dilakukan secara terbuka dan biarkanlah masyarakat yang menilai. 

Kecewa, Beckham Putra Tak Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

"Jangan sampai kita mengklaim keberhasilan yang semu dan itu sama saja dengan kebohongan publik," tegasnya

Lebih lanjut, dalam kaitan proses peningkatan prestasi, menurut pria lulusan Akpol 1978 ini, ke depan KOI jangan hanya memiliki misi dan visi perolehan medali saja, melainkan harus melihat dari hulu ke hilir tentang proses pembinaan yang dilakukan oleh induk organisasi cabor. 

Halaman Selanjutnya
img_title