Tegas Sikapi Ujaran Rasis ke Guinea, PSSI Minta Suporter Tidak Nodai Perjuangan Timnas Indonesia

Arya Sinulingga
Sumber :
  • Nusantara RMOL

VIVA Jabar – Mimpi Indonesia untuk berlaga di Olimpiade 2024 Paris kini pupus sudah. Pasalnya, Witan Sulaeman dan kawan-kawan disingkirkan oleh Timnas Guinea di laga playoff perebutan tiket ke ajang bergengsi tersebut.

Elkan Baggott Diserang Netizen Lantaran Tak Bela Timnas Indonesia saat Hadapi Guinea

Indonesia vs Guinea bertanding di Clairefontaine, Prancis pada Kamis, 9 Mei 2024 malam WIB. Dalam laga playoff Olimpiade itu, Skuad Garuda Muda kalah dari Guinea dengan skor 1-0 usai Ilaix Moriba mendapat hadiah penalti di menit ke-29.

Seolah tak menerima kekalahan, suporter Indonesia menumpahkan kegeramannya. Sayang, para suporter itu meluapkan kekecewaannya dengan cara yang kurang baik. Mereka membanjiri akun media sosial para pemain dan federasi Guinea dengan Ujaran kebencian bernuansa rasis.

Move On dari Olimpiade, Shin Tae-yong Baca Peluang Indonesia ke Piala Dunia

Guinea U-23

Photo :
  • cafonline.com

Para Suporter Indonesia tersebut melontarkan umpatan, ujaran kebencian bahkan ucapan rasis ke kolom komentar akun Federasi Sepakbola Guinea.

Hadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026, Ketua BTN Optimis Semua Pemain Bergabung

Tak hanya itu, mereka juga menyerang akun sosial media para pemain Guinea.

PSSI pun angkat bicara terkait tindakan kurang terpuji para suporter. Federasi Sepakbola Indonesia itu menilai apa yang dilakukan suporter kurang baik. Kemudian, PSSI meminta suporter meniru para pemain yang pulang dengan kepala tegak dan terhormat.

Halaman Selanjutnya
img_title