Pupuk Indonesia Perkuat Ketahanan Pangan Melalui Program Makmur

PT Pupuk Indonesia perkuat ketahanan pangan nasional
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Menghadapi ancaman krisis pangan global, PT. Pupuk Indonesia (Persero) terus memperkuat kolaborasi program Makmur guna meningkatkan produktivitas ketahanan pangan nasional.

Petani Program Makmur Tetap Hasilkan Beras Berkualitas di Tengah Kemarau Panjang

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi menyampaikan bahwa saat ini produktivitas pangan global terendah dalam kurun waktu 60 tahun terakhir. Efeknya, semua negara memacu produktivitas dalam negerinya dan mengurangi alur ekspor.

PT Pupuk Indonesia perkuat ketahanan pangan nasional

Photo :
  • Istimewa
Makin Luas, Program Makmur Pupuk Kujang Jangkau Ribuan Petani di 7 Provinsi

"Saat ini produktivitas pangan dunia terendah dalam 60 tahun terakhir. Sehingga secara intuisi semua negara akan mengamankan kebutuhan pangannya sendiri, membatasi ekspor dan seterusnya,” ujar Rahmad di ajang Jambore Makmur di Kawasan Pupuk Kujang Cikampek, Sabtu (11/11/2023).

Oleh sebab itu, lanjutnya, Indonesia perlu untuk mengamankan kebutuhan pangannya. Strateginya adalah dengan meningkatkan produktivitas pertanian dengan berbagai cara, tidak hanya menambah pabrik pupuk dan anak-anak muda atau ahli-ahli di bidang pertanian, tetapi juga membangun dan memperkuat ekosistem budidaya pertanian.

Bersama Baitul Maal PLN, Pupuk Kujang Bantu Petani Penggarap Melalui Program Makmur

Rahmad menjelaskan, program Makmur merupakan ekosistem yang mendukung petani dari hulu hingga hilir, sehingga proses budidaya maupun pemasaran hasil pertanian berjalan optimal. Melalui program Makmur petani memiliki kemudahan akses pada tiga hal.

Pertama adalah akses teknologi. Pupuk Indonesia Grup dalam pelaksanaan program Makmur memberikan pendampingan teknologi pertanian. Rahmad mencontohkan, pemanfaatan teknologi Smart Precision Farming atau pertanian presisi. Salah satunya melalui drone yang dilengkapi sejumlah fitur untuk menjadikan pemupukan lebih efektif, efisien dan sesuai dengan kebutuhan tanaman, dan hasilnya pun semakin optimal.

Halaman Selanjutnya
img_title