Selain Sunnah, Ini Manfaat Mengawali Buka Puasa dengan Kurma Menurut Rasulullah SAW

Ilustrasi Buah, Kurma
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Dalam sejarah islam, Nabi Muhammad SAW. disebutkan mengawali buka puasa dengan buah kurma segar dan dilanjutkan dengan segelas air. Setelahnya, baru bisa dilanjutkan makan malam dengan makanan yang berat.

Bacaan Doa Usai Shalat Idul Fitri, Lengkap dengan Arab dan Terjemahannya

Selain Sunnah, mengawali buka puasa dengan kurma ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Diketahui, mengkonsumsi kurma bisa menghindari tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu, kurma ternyata juga bisa memberikan kandungan energi instan karena kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

Hal tersebut rupanya sudah dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Dikatakannya, kurma adalah buah yang penuh berkah.

Lebaran di Depan Mata, Ini Hukum dan Bacaan Takbir di Hari Raya Idul Fitri

“Jika salah satu dari kalian ingin berbuka puasa, maka lakukanlah dengan kurma, karena kurma adalah makanan yang penuh berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kurma

Photo :
  • Screenshoot berita sahijab.com
Menu Berbuka Puasa yang Disarankan Dokter untuk Kesehatan Selama Ramadhan

Akan tetapi, telah banyak diketahui oleh ummat Islam bahwa Rasulullah menganjurkan makan kurma dengan bilangan ganjil. Seperti tiga butir, lima, tujuh hingga sembilan butir.

Dalam kitab Faidlul Qadir, Al-Munawi menyebutkan bahwa Rasulullah memakan 7 butir kurma karena kecintaan beliau pada bilangan ganjil dalam segala urusan. Rasulullah melakukan hal itu dalam buka puasa atau hendak berangkat shalat idul Fitri.

Halaman Selanjutnya
img_title