Fresh Graduate, Inilah 6 Soft Skill Favorit Perusahaan Besar

Fresh Graduate
Sumber :
  • Freepik

VIVAJabar – Setelah lulus kuliah, pasti menjadi harapan semua fresh graduate untuk langsung mendapatkan pekerjaan. Namun pada kenyataannya, mendapat pekerjaan ternyata tidak semudah itu. Zaman sekarang, mencari pekerjaan terasa sangat sulit.

7 Softskill Penting yang Harus Dimiliki Mahasiswa

Dalam dunia kerja sendiri, segalanya semakin kompetitif. Oleh karena itu, memiliki keterampilan teknis atau hard skill saja tidak cukup. Perusahaan saat ini juga sangat menghargai soft skill yang dimiliki oleh para pekerjanya.

Soft skill merupakan keterampilan non-teknis yang berhubungan dengan cara kita berinteraksi dengan orang lain, mengelola pekerjaan, dan menyelesaikan masalah. Inilah soft skill yang sangat berguna bagi para fresh graduate agar diterima di perusahaan besar.

1. Komunikasi Efektif

5 Pekerjaan Ini Tidak Akan Bisa Digantikan oleh AI

Kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah kunci sukses dalam hampir semua jenis pekerjaan. Baik komunikasi lisan maupun tulisan, keduanya penting untuk menyampaikan ide, memberi instruksi, dan berkolaborasi dengan rekan kerja. Orang yang mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif cenderung lebih mudah menjalin hubungan kerja yang baik dan menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.

2. Kerja Sama Tim

Di banyak perusahaan, pekerjaan dilakukan secara tim. Oleh karena itu, kemampuan bekerja sama dalam tim sangatlah penting. Ini melibatkan kemampuan untuk mendengarkan pendapat orang lain, berkontribusi secara positif, serta menyelesaikan konflik yang mungkin muncul. Dengan kerja sama tim yang baik, produktivitas dan hasil kerja bisa meningkat secara signifikan.

Halaman Selanjutnya
img_title
Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka Juni: Cek Syarat, Link Pendaftaran, dan Formasi Lengkapnya!