Makan Tengah Malam Sebelum Tidur Bisa Bikin Gemuk, Benarkah?

Ilustrasi makan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Pasti kamu sudah tak asing dengan istilah "makan malam membuat gemuk", bukan? Namun, benarkah penjelasan tersebut telah terbukti secara ilmiah, atau hanya isu turun temurun semata?

5 Tips Makan Sehat: Gaya Hidup yang Menyehatkan Tubuh

Perlu digarisbawahi, menurut ilmuwan, bahwa secara fisiologis, kalori tidak dihitung lebih banyak di malam hari. Kamu tidak akan menambah berat badan hanya dengan makan di malam hari, dengan catatan jika kamu memang makan sesuai kebutuhan kalori harian, melansir penelitian Healthline.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa makan malam biasanya membuat pilihan makanan yang lebih buruk dan makan lebih banyak kalori, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Ilmuwan Temukan Sosok Pria Mampu Bertahan Hidup Tanpa Air Selama 18 Hari

Jadi, mengonsumsi makanan di tengah malam atau sebelum tidur secara langsung tidak akan menyebabkan penambahan berat badan atau membuat gemuk. Penambahan berat badan terjadi ketika jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh secara keseluruhan. 

Namun, ada beberapa faktor terkait makan tengah malam yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan, yaitu:

Cinta Kerja Part Time sebagai Pelayan Resto, Warganet: Ini Sih Definisi Keren Banget

1. Pilihan Makanan: Makanan yang dikonsumsi tengah malam sering kali cenderung tinggi kalori, tinggi lemak, dan rendah nutrisi. Misalnya, makanan cepat saji, makanan ringan yang tidak sehat, atau camilan manis yang tinggi gula. 

Jika pola makan tengah malam sering kali terdiri dari makanan yang tidak sehat dan mengandung kalori berlebih, ini dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Halaman Selanjutnya
img_title