Mengenal Rabies, Berikut Ciri-ciri Terkena Gigitan Rabies dan Cara Penanganan

Ilustrasi anjing
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Belakangan ini publik dihebohkan dengan kasus rabies yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Misalnya saja di Kalimantan Barat yang sudah menelan korban 11 orang. Terbaru yakni di Bali, seorang balita perempuan meninggal juga karena digigit anjing rabies.

VIRAL Sopir Truk Ngaku Nonton MasterChef, Chef Juna Malah Dituduh Ngomong Kasar

Lantas, apa itu rabies? Apa ciri-ciri dan cara penanganannya? Dikutip dari postingan Kementerian Kesehatan RI di Instagram, berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Rabies?

Azizah Salsha Berpose Sama Anjing, Netizen Singgung Hukum Agama

Rabies merupakan salah satu penyakit zoonosis tertua yang disebabkan oleh virus rabies (Lyssavirus). Rabies menyerang syaraf dan otak. Bisa menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Penyakit ini ditularkan dari hewan penular rabies yang terinfeksi seperti anjing, rubah, skunk, rakun, kelelawar hingga kucing. Umumnya rabies ditularkan melalui gigitan, cakaran dan jilatan pada kulit yang luka oleh hewan yang terinfeksi.

Viral Video Irish Bella Ajak Anaknya Main dengan Anjing, Netizen Ingatkan Najis Mughaladzoh

Kapan timbulnya gejala rabies?

Masa inkubasi pada manusia sekitar 2 minggu-2 tahun. Tetapi pada umumnya sekitar 3-8 minggu atau kurang lebih 1 – 2 bulan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi masa inkubasi, yaitu jumlah virus yang masuk, tingkat kedalaman luka, lokasi gigitan, imunitas penderita, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
img_title