Ramai Soal Tawaran Damai, Kapuspenkum Kejagung RI Terbitkan Siaran Pers

Ketut Sumedana, Kapuspenkum Kejagung RI
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Di tengah hangatnya proses hukum atas kasus penganiayaan terhadap Cristalino David Ozora yang dilakukan oleh Mario Dandy Satriyo, muncul wacana tawaran damai antara kedua belah pihak yakni korban dengan pelaku.

Berkas Lengkap, Panji Gumilang Segera Diadili

Berbagai respon atas tawaran damai dengan jalan restorative justice atau keadilan restoratif hadir dari beberapa kalangan. Termasuk dari pejabat pemerintah, terlebih dari keluarga David yang jelas menolak tawaran damai tersebut.

Atas berbagai reaksi tersebut, kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Dr. Ketut Sumedana menerbitkan siaran pers dengan nomor PR-380/088/K.3/Kph.3/03/2023.

Mario Dandy Tak Hadiri Sidang, Banding Ditolak

Siaran Pers bertajuk "Tidak Ada RJ Bagi Mario Dandy dkk yang Melakukan Penganiayaan Keji terhadap Korban Cristalino David Ozora Latumahina" itu bermaksud mengklarifikasi wacana tawaran restorative justice yang dikhususkan untuk gadis berinisial AG yang merupakan pacar Mario Dandy. Diketahui, AG juga terlibat dalam kasus penganiayaan itu dan telah ditetapkan sebagai pelaku anak atau anak yang berkonflik dengan hukum.

Setidaknya ada dua poin dalam rilis Surat Kapuspenkum Kajagung tersebut. Pada poin pertama, Kapuspenkum menegaskan bahwa untuk tersangka Mario Dandy Satriyo (MDS) dan Shane Lukas tidak layak mendapat Restorative Justice. Pasalnya, tulis surat pers tersebut, karena ancaman hukuman keduanya melebihi batas yang telah diatur oleh Kajagung. Selain itu, kejahatan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo dan Shane Lukas memiliki dampak luas baik di media maupun masyarakat secara umum, sehingga perlu ditindak dengan tegas.

Ramai Soal Jessica Usai Film Dokumenter, Kejagung: Pemanis-pemanis Bibir, Biasa

"Dalam kasus penganiayaan terhadap korban Cristalino David Ozora, secara tegas disampaikan bahwa Tersangka MDS dan Tersangka SLRPL tidak layak mendapatkan restorative justice. Hal ini dikarenakan ancaman hukuman pidana penjara melebihi batas yang telah diatur dalam Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020, serta perbuatan yang dilakukan oleh Tersangka sangat keji dan berdampak luas baik di media maupun masyarakat, sehingga perlu adanya tindakan dan hukuman tegas bagi para pelaku." tegas Ketut Sumedana dalam siaran pers tersebut.

Adapun pada poin kedua, Kapuspenkum Kajagung meluruskan wacana tawaran damai untuk AG. Menurut siaran pers Kapuspenkum Kajagung itu, aparat penegak hukum, dalam hal ini kejaksaan, diwajibkan melakukan upaya damai rangka menjaga mesa depan anak yang berkonflik dengan hukum. Kendati demikian, lanjut siaran pers itu, jalur yang ditempuh bukanlah Restorative Justice, melainkan Diversi.

Halaman Selanjutnya
img_title