Pakar Telematika Tegaskan Video Rekaman CCTV Jessica Wongso Asli

Roy Suryo
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Di tengah ramainya pemberitaan tentang kasus kopi sianida yang baru-baru ini kembali hangat diperbincangkan, ayah Mirna yakni Edi Darmawan Salihin menunjukkan sebuah video rekaman CCTV dimana pelaku pembunuhan Jessica Wongso menaruh sesuatu pada gelas Wayan Mirna Salihin yang menyebabkan dirinya meninggal dunia.

Terbongkar, Roy Suryo Ungkap Script Misterius yang Bikin Suara Partai Lenyap di Sirekap

Namun kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan mengatakan video rekaman CCTV tersebut sudah direkayasa.

Berbeda dengan Otto, pakar Telematika Roy Suryo justru mengatakan video rekaman CCTV tersebut tidak direkayasa alias asli. Menurut Roy, video tersebut hanya di-zoom dan tidak mengurangi keaslian video itu.

Roy Suryo Tegaskan akan Ambil Tindakan Usai Disebut Tukang Fitnah oleh Ketua KPU

“Kalo video itu rekayasa, dia tidak akan hanya sekedar di-zoom, kalo di-zoom itu bukan rekayasa, masih video asli, kata Roy Suryo yang dikutip dari tayangan di YouTube VIVA pada Jumat, 13 Oktober 2023. 

Roy Suryo pun kemudian memberi contoh foto yang sebelumnya juga sempat viral yakni foto pertemuan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dengan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (YSL).

Tanggapan Roy Suryo Disebut Tukang Fitnah oleh Ketua KPU: Tuduhan Serius

Foto tersebut menurutnya hanya di-crop, namun fotonya masih asli dan tidak direkayasa. Sehingga disimpulkannya sama saja dengan kasus rekaman CCTV Jessica yang di mana tidak penambahan lain. 

“Nah, sama dengan video ini, sepanjang tidak ada tambahan, misalnya ditambahin tangan orang lain diakuin sebagai tangannya Jessica, itu baru namanya palsu,” terang Roy Suryo.

Halaman Selanjutnya
img_title