Wamenkumham Beberkan Alasan Jessica Wongso Lolos dari Hukuman Mati

Kasus 'Kopi Sianida', Jessica Kumala Wongso
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Dirilisnya film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso oleh Netflix beberapa waktu lalu, sukses membuat gempar publik Tanah Air. Banyak kejanggalan yang diungkap oleh film dokumenter tersebut sehingga masyarakat mulai ragu terhadap vonis bersalah yang dijatuhkan kepada Jessica Wongso.

Edi Minta Maaf ke Otto Hasibuan dan Buka Barang Bukti Baru Berupa Video Rekaman

Kasus kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin itu kini tengah menjadi sorotan berbagai pihak. Banyak yang menyebut Jessica tidak bersalah. Tak hanya itu, lolosnya perempuan 35 tahun itu dari hukuman mati pun menjadi perbincangan.

Pada satu kesempatan, Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) yakni Prof. Edward Omar Sharif Hiariej atau Prof. Eddy mejelaskan sebab Jessica tidak dihukum mati. Menurutnya, sebab Jessica tidak dihukum mati adalah usianya yang kala itu masih sangat muda.

Prof Eddy Jadi Tersangka Kasus Suap, Netizen: Karma Jessica Wongso

Ahli hukum Prof. Edward Omar Sharif Hiarej

Photo :
  • intipseleb.com

"Satu, ini orang masih muda. Dua, tujuan dari pidana itu apa? Reintegrasi sosial. Kalau hukuman mati, dia mau reintegrasi sosial apa lagi?" terang Prof Eddy dalam konten yang tayang pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

Pendeta Sebut Mirna Kurang Harmonis dengan Edi Darmawan

Dengan hukuman pidana 20 tahun penjara, Jessica Wongso diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat setelah bebas menghirup udara bebas di luar penjara.

"Karena dia masih muda, masih punya harapan, maka dijatuhi ganjaran 20 tahun pidana penjara. Dengan harapan bahwa selama itu dia bisa melalui pembinaan di dalam lembaga pemasyarakatan. Kemudian dia bisa kembali ke masyarakat, diterima, dan bermanfaat," terang Prof Eddy.

Halaman Selanjutnya
img_title