Alfira Oktaviani, Ciptakan Brand Fashion Lokal Ramah Lingkungan dengan Ecoprint

Alfira Oktaviani
Sumber :
  • Instagram

VIVA Jabar – Dunia fashion terus mengalami perkembangan seiring kemajuan zaman dan pesatnya teknologi informasi. Berbagai model fashion tersuguh dengan trend serta gaya khasnya sebagai produk zaman.

Go Internasional: Lewat Tangan Anjani, Batik Bantengan Kota Batu Ekspansi ke Berbagai Negara

Sayangnya, di tengah perkembangan fashion yang semakin bervariasi itu ada nilai yang terabaikan, yaitu nilai yang melekat pada lingkungan. Banyaknya macam brand fashion disadari dapat menambah limbah produksi sehingga berdampak kurang baik terhadap lingkungan.

Tapi, seorang perempuan asal Sleman, DI Yogyakarta bernama Alfira Oktaviani sukses membuat satu brand fashion dengan memanfaatkan kekayaan alam serta ramah lingkungan melalui teknik ecoprint.

Tips Bangun Ekowisata Ala Ritno: Ramah Hutan, Ekosistem Terjaga hingga Dongkrak Ekonomi Warga

Berbekal ilmu manajemen bisnis dan morfologi tumbuhan hingga teknik kimia, sarjana Apoteker di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta itu menciptakan Semilir Ecoprint, sebuah brand eco fashion yang mengusung nuansa lokal bernilai futuristik.

“Bekal saat kuliah apoteker, mata kuliah manajemen bisnis, morfologi tumbuhan hingga teknik kimia sangatlah berguna dalam memulai usaha dan mengembangkan bisnis Semilir ini,” kata Alfira dalam keterangan tertulis pada Rabu, 27 September 2023.

Marwan Hakim, Pelopor Pendidikan di Kaki Gunung Rinjani

Sebagai informasi, teknik pewarnaan dengan cara ecoprint sendiri baru masuk ke Indonesia pada tahun 2016. Hal tersebut disambut baik oleh Alfira, ia terus mempelajari dan menekuni teknik ecoprint tersebut hingga berhasil menghasilkan satu karya brand fashion yang diminati masyarakat.

Produk Semilir Ecoprint

Photo :
  • Instagram
Halaman Selanjutnya
img_title