Polisi Ungkap Alasan Penghentian Tilang Uji Emisi Kendaraan di Jakarta

Kombes Latif Usman
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Setelah sebelumnya diberlakukan razia uji emisi kendaraan bermotor di Jakarta pada 1 November 2023 berikut pemberlakuan sanksi terhadap kendaraan yang tidak lolos uji emisi, polisi akhirnya menghentikan sanksi berupa penilangan tersebut sejak Kamis, 2 November 2023.

Sosialisasi Manfaat Pajak Kendaraan Kepada Komunitas Kendaraan Roda 4 dan Roda 2

Penghentian penilangan rersebut ditegaskan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman. Ia menjelaskan banyak masyarakat yang komplain terkait kebijakan tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi tersebut.

"Soal penilangan uji emisi dihilangkan, banyak masyarakat yang komplain," kata Latif.

Kurang Sosialisasi, 8 Warga Subang Meninggal karena DBD

Akan tetapi, Usman menegaskan bahwa uji emisi akan tetap dilanjutkan meski tidak ada pemberian sanksi tilang terhadap kendaraan yang lolos uji emisi.

"Mulai hari ini kami tetap melakukan sosialisasi tidak menilang. Kami tetap melakukan imbauan, namun tidak ada penilangan," kata Usman.

Selain Bengkel, Pemdaprov DKI Jakarta Libatkan 950 Tenaga Teknisi Mobil di Uji Emisi

Usman pun lantas mengungkapkan alasannya menghentikan penilangan uji emisi. Menurutnya, banyak masyarakat masih belum memahami pentingnya uji emisi. Karenanya, pihaknya perlu meningkatkan sosialisasi kembali.

"Kita melihat situasi kondisi masyarakat saat ini, dan banyak masyarakat yang istilahnya masih butuh sosialisasi lagi," ujar Latif Usman.

Halaman Selanjutnya
img_title