TKN Prabowo-Gibran Bantah Isu Kecurangan Pemilu 2024

TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman
Sumber :
  • Berbagai Sumber

Jabar –Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menegaskan tidak ada kecurangan dalam proses rekapitulasi suara Pemilu 2024.

Istana Tegaskan Jokowi Tak Ikut Campur Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

Wakil Ketua TKN, Juri Ardiantoro, menyatakan bahwa proses rekapitulasi yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di setiap wilayah berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

"Secara umum, rekapitulasi hasil suara secara berjenjang mulai tingkat PPK di kecamatan hingga nasional berlangsung lancar. Inilah yang kami pertanyakan, ada tujuan apa di balik usaha-usaha mendelegitimasi hasil pemilu?," ujar Juri Ardiantoro di Jakarta, pada Jumat, 15 Maret 2024.

Ridwan Kamil Umumkan Pembubaran TKD Prabowo-Gibran di Jawa Barat Pasca-Kemenangan

Juri juga menyinggung proses rekapitulasi tingkat nasional yang telah berlangsung selama 17 hari sejak 28 Februari 2024, dimana pasangan Prabowo-Gibran tercatat memenangkan mayoritas wilayah di Indonesia.

Menurutnya, narasi publik tentang kecurangan Pemilu lebih banyak membahas soal hasil penghitungan Sirekap yang sempat bermasalah, bukan tentang proses rekapitulasi itu sendiri.

Rajut Kebersamaan di Bulan Ramadan, EIGER Adventure Gelar Buka Puasa Bersama Berbagai Komunitas

"Dinamika perdebatan lebih banyak karena masalah Sirekap dan ketidaksinkronan data-data pemilih yang seringkali membutuhkan penjelasan faktual," tambahnya.

Merujuk pada rekapitulasi suara Pilpres 2024 tingkat nasional, pasangan Prabowo-Gibran menang dominan dengan menguasai lebih dari 25 provinsi.

Halaman Selanjutnya
img_title