Pos Indonesia Hadir di Makassar, Kenalkan Transformasi melalui PosIND Logistik Indonesia

PT Pos Indonesia hadirkan transformasi layanan
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – PT. Pos Indonesia terus membuktikan komitmennya untuk menjadi perusahaan logistik nasional yang dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan logistik masyarakat Tanah Air.

PosIND Kasih Harga Teman Bagi Jamaah Haji Kirim Barang ke Indonesia

Dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut, Pos Indonesia kini menyasar pangsa pasar di kawasan Indonesia Timur. 

Komitmen menjadi perusahaan Logistik Indonesia disampaikan pada acara “Pos Integrated National Distribution (PosIND) Logistik Indonesia” di Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Makassar pada Rabu, 20 Maret 2024.

Meriahkan Perayaan HUT ke-26 Kementerian BUMN, Nawala Marching Band PosIND Tampil Elegan

PT Pos Indonesia hadirkan transformasi layanan

Photo :
  • Berbagai Sumber

Hadir pada kesempatan tersebut, Komisaris Pos Indonesia Prof Rhenald Kasali dan Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun. 

PosIND Ramaikan Event Sungailiat Triathlon 2024 Akselarasi Sport Tourism

Acara tersebut diikuti peserta dari unsur  pemerintahan, BUMN, swasta, universitas, dan stakeholder lainnya. Para peserta antusias mengikuti rangkaian acara sembari ngabuburit pukul 15.30 WIB. Peserta yang hadir memiliki rasa ingin tahu yang besar atas transformasi Pos Indonesia saat ini. 

Prof Rhenald Kasali yang merupakan pakar manajemen tersebut menyampaikan tentang transformasi Pos Indonesia. Saat ini, Pos Indonesia telah menjadi perusahaan logistik dengan berbagai layanan. Diantaranya layanan kurir dan logistik, keuangan, dana pensiun, dan lainnya. 

“Pos Indonesia telah bertransformasi  mengikuti perkembangan zaman. Kami terus berkomitmen meremajakan diri dengan berbagai inovasi sesuai kebutuhan masyarakat,” katanya. 

Sementara itu, Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Tonggo Marbun mengatakan, saat ini Pos Indonesia telah berkembang menjadi BUMN yang bergerak pada bisnis kurir, logistik, layanan keuangan, bisnis properti, dan bisnis ancillary dengan memiliki Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Dapenpos dan lainnya. 

Menurut Tonggo, Pos Indonesia telah bertransformasi menjadi perusahaan logistik untuk memenuhi semua kebutuhan masyarakat. Tak terkecuali bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia yang jumlahnya sekitar 64 juta. 

Pada bisnis kurir, Pos Indonesia memiliki aplikasi digital atau mobile aplikasi PosAja! yang merupakan aplikasi jasa pengiriman berbasis digital courier.  PosAja! memiliki tiga layanan kurir yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, yaitu Pos Sameday, Pos Nextday, Pos Reguler, dan Pos Ekspor. 

Melalui aplikasi ini, pelanggan bisa melakukan proses pengiriman paket dan barang cukup dari handphone, tanpa harus ke outlet. Pemesanan bisa dilakukan dari manapun di beberapa kota besar di Indonesia. PosAja! juga terhubung dengan beberapa e-commerce sehingga bisa melakukan pembelanjaan langsung dari aplikasi. 

“Kami memiliki lebih dari 42.300 drop points PosAja! dan channeling yang menjangkau hingga daerah 3T (terluar, terdepan, dan tertinggal). PosAja! juga terhubung dengan jaringan Pos di 228 negara di dunia. Kami juga didukung 42 Kantor Cabang Utama, 168 Kantor Cabang, dan 4.308 Kantor Cabang Pembantu," jelas Tonggo. 

Untuk memudahkan pelaku usaha, PosAja! memiliki fulfillment center STORI yang melayani kebutuhan penyimpanan barang, pemenuhan pesanan, packaging, manajemen pengiriman, manajemen penjualan dan marketplace, hingga konsolidasi ekspor. 

"STORI telah hadir di lebih dari 152 titik di seluruh Indonesia. Di antaranya hadir di Medan, Pekanbaru, Palembang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan lainnya," kata dia. 

Dia menjelaskan, Pos Indonesia hadir ikut serta membangun bangsa agar lebih berdaya saing dan sejahtera. Pos Indonesia memiliki visi untuk menjadi penyelenggara layanan pos universal, jasa kurir, logistik, dan keuangan paling kompetitif. 

Untuk mencapai tujuan dan visi tersebut, pihaknya bertindak efektif untuk mencapai performa terbaik. Diantaranya dengan memberikan produk yang relevan sesuai kebutuhan pasar, memberikan jasa layanan yang prima, menjalankan proses bisnis secara efisien, membangun solusi teknologi informasi yang prima dan human capital yang andal.