Jelang Lebaran 2024, Perlintasan Jalur Mudik di Purwakarta Dipastikan 'Caang'

Lampu penerangan jalan di Kabupaten Purwakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, memastikan seluruh jalur yang menjadi lintasan para pemudik sudah 'caang' saat arus mudik Lebaran 1445 Hijriah nanti. Pasalnya, saat ini hampir seluruh jalur yang ada telah terpasang sarana penerangan jalan.

Hari Otda ke-28, Pemkab Purwakarta Dorong Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Purwakarta, Dian Ardiansyah menuturkan, setiap tahun pemerintah daerah melalui dinasnya selalu mengalokasikan anggaran untuk sarana penerangan umum ini.

"Sarana penerangan jalan ini, sudah terpasang di sejumlah titik. Termasuk di jalur yang akan dilintasi para pemudik," ujar Dian, Selasa (26/3/2024).

Jadi Tuan Rumah, Pemkab Purwakarta Pastikan Kesiapan Venue Popwilda Jabar

Untuk diketahui, kata Dian menjelaskan, penerangan jalan iitu terbagi dalam berbagai kategori. Seperti, penerangan jalan umum (PJU), penerangan jalan lingkungan (PJL), penerangan lampion karakter, dan juga penerangan lampion tirai.

Pihaknya mencatat, khusus untuk penerangan jalan yang menjadi kewenangan instansinya, sejak 2012 lalu itu sudah terpasang 3.943 titik kategori penerangan jalan lingkungan (PJL). Kemudian, untuk penerangan karakter jumlahnya ada sekitar 358 titik. Salah satunya, tersebar di sepanjang Jalan Jendral Sudirman.

Pemkab Purwakarta Utus 22 Kafilah di Ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi

"Bentuknya tak seperti penerangan jalan pada umumnya. Jadi, tiang lampu yang menjulang tinggi, dibalut cat putih dan dipermanis dengan bulatan berwarna emas di bagian tengahnya. Kemudian, persis di puncaknya diberi ornamen berbentuk Kujang sebagai penegas identitas kesundaan," jelas dia.

Selain PJU karakter, lanjut dia, ada juga penerangan dengan hiasan lampion tirai. Untuk penerangan jenis ini, ada 95 titik yang tersebar di jalur perkotaan. Adapun tujuannya, untuk membuat suasana perkotaan menjadi lebih estetik.

Halaman Selanjutnya
img_title