Lebih dari 40 Negara Tawarkan Bantuan ke Turki yang Diguncang Gempa Dahsyat

Gedung hancur imbas gempa Turki.
Sumber :
  • AP Photo/Mahmut Bozarsan via VIVA.co.id

VIVA JABAR- Sejumlah negara di dunia telah menawarkan bantuan atas bencana gempa dahsyat yang menewaskan ribuan korban jiwa di Turki dan Suriah.

Ini Kriteria Pemilik KTP KK Masuk Penerima BPNT Rp2,4 Juta

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan selain NATO dan Uni Eropa, lebih dari 40 negara sudah menawarkan bantuan ke Turki.

Adapun sejumlah pemimpin dunia bersimpati dan menawarkan bantuan ke Erdogan. Mulai Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China XI Jinping menyampaikan duka cita kepada Erdogan akibat bencana gempa bumi tersebut.

Jokowi Siapkan Hercules untuk Gaza, Bantuan Jatuh dari Langit

Begitu juga pemimpin dunia lainnya seperti Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi juga siapkan bantuan hingga tim penyelamat.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan rakyat bersatu usai gempa dahsyat mengguncang negaranya.

Wow! Dapat Rp 600.000 Tanpa BPNT, Ini Dia Cara Daftar Bansos Online via Aplikasi Kemensos

Erdogan meminta agar rakyatnya bisa bersatu dan meningkatkan solidaritas di tengah ujian pasca gempa di negara tersebut. Dia mengatakan gempa kali ini adalah yang terbesar sejak 1939.

"Pada pukul 4:17 pagi kita diguncang oleh bencana terbesar sejak gempa Erzincan 1939. Kita sudah mengalaminya pada abad lalu," kata Erdogan di Ankara dikutip dari VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
img_title