Kemenag Jabar Ungkap Kurikulum Pendidikan di Ponpes Al-Zaytun Tidak Menyimpang

Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Usai viral dengan berbagai kontroversinya yang mencuat ke permukaan, Ponpes Al-Zaytun didatangi oleh Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar).

Nobar Semi Final Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan di GOR Saparua Kota Bandung Malam Ini!

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam menyampaikan pihaknya menyambangi Ponpes Al-Zaytun yang di pimpin Panji Gumilang itu guna mengecek kondisi pesantren yang terletak di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu itu.

Komplek Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

"Kami ke Mahad (lembaga pendidikan) Al-Zaytun hanya untuk monitoring dan evaluasi kurikulum serta izin operasional madrasah dan pesantren. Karena hal ini menjadi kewenangan kami," kata Ajam dalam keterangan resmi dilansir pada Senin, 12 Juni 2023.

Lebih lanjut, Ajam menuturkan pihaknya telah memperoleh penjelasan mengenai kurikulum serta izin operasional pendidikan yang diselenggarakan Ponpes Al-Zaytun. Menurutnya, Ponpes Al-Zaytun masih menggunakan kurikulum dari pemerintah hingga saat ini.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

"Jadi, ini yang kami maksud tidak ada penyimpangan, yakni dalam proses pembelajaran," ujarnya.

Ajam melanjutkan bahwa praktik yang selama ini dipraktikan oleh Ponpes Al Zaytun Indramayu tidak menyimpang dari syariat Islam. Menurut dia, yang disebut tidak menyimpang adalah soal kurikulum dan izin operasionalnya saja.

Halaman Selanjutnya
img_title