PWNU Jawa Barat Haramkan Lagu Salam Yahudi yang Diajarkan Ponpes Al-Zaytun

Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar – Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Jawa Barat telah memutuskan hukum menyanyikan lagu 'Havenu Shalom Alachem' yang diajarkan oleh Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu itu.

Anggota DPRD Gorontalo Lempar Air Mineral Di Rapat Pimpinan, Karena Boikot Produk Israel

Diketahui, lagi tersebut merupakan salam yang biasa dipakai oleh kaum Yahudi. Maka dengan itu, melalui rangkaian acara Bahtsul Masail, PWNU Jabar mengharamkan lagu tersebut dinyanyikan.

"Hasil keputusan LBM NU Jawa Barat menegaskan, hukum menyanyikan lagu tersebut haram," bunyi salah satu poin hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar yang dikutip di laman resmi NU Jabar pada Senin, 19 Juni 2023.

Kejagung Kembalikan Berkas Kasus Dugaan Penistaan Agama Panji Gumilang ke Bareskrim

Lebih lanjut, keputusan Bahtsul Masail yang digelar NU Jabar itu menjelaskan bahwa lagu tersebut identik dengan salam Yahudi. Karenanya, LBM NU menetapkan keputusan bahwa menyanyikan lagu tersebut adalah perbuatan menyerupai dan menyebarkan kebiasaan atau tradisi agama lain.

"Mengajarkan doktrin yang dapat berpotensi hilangnya konstitusi syariat perihal fikih "mengucapkan salam" kepada nonmuslim," sambung isi salah satu poin hasil Bahtsul Masail PWNU Jabar.

Sebagai informasi, lagu 'Havena Shalom Alachem' itu viral lantaran dinyanyikan oleh pimpinan Ponpes Al-Zaytun yakni Panji Gumilang.

Karenanya, NU Jabar dengan tegas mengatakan bahwa Ma'had Al-Zaytun sudah menyimpang dari ajaran-ajaran ahlussunnah wal jamaah.

Halaman Selanjutnya
img_title