Ditolak Panji Gumilang untuk Tabayun, MUI: Kami Sangat Kecewa!

Panji Gumilang
Sumber :
  • VIVA Jabar

VIVA Jabar – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun Indramayu, Panji Gumilang menolak Tim Investigasi dari Majlis Ulama Indonesia (MUI) untuk melakukan tabayun. Atas penolakan tersebut, Prof. Firdaus Syam mengungkapkan pihaknya sangat kecewa atas sikap sosok kontroversial itu.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia Lolos ke Babak Selanjutnya di Piala Asia U-23

"Kami dari MUI menyatakan sangat menyayangkan, menyesalkan, karena Panji Gumilang tidak bersedia bertemu dengan tim dari MUI," kata Ketua tim investigasi Ponpes Zaytun dari MUI Pusat Firdaus Syam di Gedung Sate, Bandung pada Jum'at, 23 Juni 2023.

Padahal, menurut Prof. Firdaus, MUI merupakan lembaga yang di dalamnya terdapat beberapa Ormas Islam di Indonesia.

MUI Ajak Masyarakat Doakan Timnas Indonesia U-23 Raih Prestasi di Piala Asia U-23

"[Peran MUI] yang bertugas merawat keharmonian akidah Islam umat Islam di negeri ini," imbuhnya.

Kemudian Firdaus menyarankan agar Panji Gumilang sebaiknya bersikap kooperatif. Sebab, tidak ada tujuan lain dari MUI selain ingin mengklarifikasi atau tabayun terkait dengan beberapa kontroversi yang terdapat di Ponpes Al-Zaytun, Indramayu itu.

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

Selanjutnya, menurut Firdaus, bukan kali ini saja pihaknya berupaya untuk mengklarifikasi Panji Gumilang. Bahkan secara resmi pihaknya sudah berkirim surat kepada pimpinan Ponpes Al-Zaytun itu namun tak mendapat sambutan.

"Sekali lagi kami sangat kecewa. Tabayun itu kan maknanya klarifikasi, minta penjelasan, agar bisa klir, dan agar kita MUI bisa memberi penilaian berdasarkan prinsip-prinsip ajaran Islam," ujarnya.