Aktivis Toleransi Minta Semua Pesantren Tiru Al-Zaytun Nyanyikan Lagu Yahudi

Aktivis Toleransi, Monique Rijkers
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar – Di tengah ramainya kontroversi Podok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, banyak orang menghujat dan bahkan menginginkan Ponpes pimpinan Panji Gumilang itu dibubarkan. Hal tersebut karena selain ajarannya dianggap menyimpang, juga karena pimpinannya kerap melontarkan pernyataan nyeleneh.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Tapi, ternyata masih ada yang mendukung praktik-praktik tak wajar di Ponpes Al-Zaytun itu. Salah satunya adalah aktivis pro Israel, yaitu Monique Rijkers. Menurutnya, Ponpes Al-Zaytun telah mengajarkan generasi muda tentang sikap toleransi.

Dalam pandangan Monique Rijkers, salah satu yang menjadi bukti bahwa Al-Zaytun mengajarkan sikap toleransi adalah ketika mereka mengajarkan lagu salam Yahudi.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah yang baik untuk menanamkan nilai toleransi kepada anak-anak. Mengingat Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi keberagaman perlu terus menanamkan toleransi kepada generasi muda.

"Itu benih baik ya saya bilang bagi kita di Indonesia yang pluralitas begini, yang besar, dan kita ini adalah negara muslim terbesar di dunia. Nah tentu saja pemikirannya harus bisa sesuai ya dengan nilai-nilai Pancasila. Pemikirannya harus sesuai juga dengan konteks geopolitik," kata Monique, dalam program Catatan Demokrasi di tvOne, Selasa malam 27 Juni 2023.

Penangguhan Penahanannya Belum Dikabulkan, Kuasa Hukum Panji Gumilang Ajukan Pemeriksaan Kesehatan

Tak hanya itu, Monique bahkan menyarankan pesantren lain agar meniru apa yang dilakukan Panji Gumilang. Monique meminta pesantren-pesantren lain memutar dan mengajarkan lagu Yahudi seperti di Al-Zaytun.

"Alangkah baiknya kan, kalau semua Pesantren bisa nyanyi lagu Yahudi, bisa nyanyi lagu Tionghoa, bisa nyanyi lagu India, bener nggak? Jangan hanya lagu bahasa Arab," kata Monique.

Halaman Selanjutnya
img_title