Hotman Paris Ungkap Dakwaan Teddy Minahasa Banyak Cacat

Hotman Paris Hutapea
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Kuasa hukum Teddy Minahasa, Hotman Paris Hutapea menganggap dakwaan terhadap kliennya banyak banyak cacat. Pengacara kawakan tersebut menyebut caact itu mulaidari pasal yang didakwakan.tidak tepat serta pembuktian penyidik tidak maksimum.

16 Pengacara vs 10 JPU, Besok Sidang Perdana Yosep Hidayah Digelar

"Artinya berdasarkan keterangan dari saksi ahli JPU, harusnya Teddy Minahasa itu bebas," ujar Hotman usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin, 6 Maret 2023.

Menurut Hotman, pasal yang didakwakan kepada Teddy seharusnya bukan pasal 114 ayat 2 juncto 112 ayat 2 UU Nomor 35 2009 tentang narkotika. Kalaupun terbukti bersalah, menurut Hotman, harusnya Teddy dijerat dengan pasal 140 tentang penyidik yang melanggar tata caar penympanan barang bukti.Ketentuan pasal 140 tersebut, juga menyangkkut pasa 88 dan 89.

Kasus Pembunuhan Tuti dan Amel Subang, 12 JPU Siap Tuntut Yosep Hidayah

Jadi surat dakwaan juga batal demi hukum kata ahli karena salah pasal," tutur Hotman.

Tidak hanya itu, Hotman Paris juga mengkritik soal barang bukti yang ada pada Linda Pujiastuti atau Anita, Dody Prawiranegara, dan Syamsul Ma'arfi dan Arif serta Kasranto karena tidak dicocokkan dengan barang bukti yang disita Polres Bukittinggi pada Mei 2022 lalu.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang Dituntut 1,5 Tahun Penjara

Hotman juga curiga bahwa sabu itu tidak berasal dari Polres Bukittingi. Selain itu, ia juga mempertanyakan chat yang setengah-setengah, seolah dipenggal.

"Artinya tadi, ahli juga mengatakan, itu ada keharusan melakukan pembuktian maksimum, yaitu dengan uji lab, itu tidak dilakukan. Jadi secara yuris formal, dakwaan ini banyak cacatnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title