Elektabilitas Erick Thohir Dipercaya Bakal 'Mengerek' Ganjar Pranowo Jadi Presiden

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Erick Thohir
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Survei yang dikeluarkan Survei Indikator Politik Indonesia menem[patkan Erick Thohir sebagai kandidat cawapres tertinggi (22,9%) mengungguli Ridwan Kamil (20,1%) dan Sandiaga Salahuddin Uno (17,5%). Dari data Indikator tersebut Erick juga merupakan cawapres yang sangat diminati oleh calon pemilih generasi Millenials dan generasi gen Z.

Timnas Indonesia U-23 Sukses di Piala Asia U-23, Shin Tae-yong Puji Peran Besar Erick Thohir

Tingginya minat generasi Millenials dan generasi gen Z terhadap Erick dinilai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar Dr.Phil. Sukri, M.Si karena jarak psikologis mereka yang tak terlalu jauh.

Selain itu menurut Sukri, tingginya minat generasi Millenials dan generasi gen Z akan Erick lantaran ia kerap menunjukan gaya non formal disetiap kegiatannya. Gaya formal hanya ditunjukan oleh Erick pada saat acara resmi kenegaraan.

Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Pelatih Guinea: Kami Menulis Ulang Sejarah

Selain gaya non formal yang seting ditunjukan Erick, gaya kepemimpinan yang tak banyak bicara dan selih memilih kerja dinilai Sukri juga membuat nama Menteri BUMN ini diminati generasi Millenials dan generasi gen Z.

Sukri menilai generasi Millenials dan generasi gen Z saat ini tak suka melihat para politisi yang lebih banyak bicara daripada kerja. Sehingga pemilih muda saat ini tentu membandingkan Erick dengan politikus lain yang banyak bicara

Kalahkan Timnas Indonesia, Pelatih Guinea Sampaikan Hal Ini

"Gaya seperti itulah yang diminati oleh generasi Millenials dan generasi gen Z. Sebab mereka tak terlalu menyukai gaya kepemimpinan yang formal dan tak banyak bicara. Keberhasilan Erick dalam memperbaiki sepak bola Indonesia juga memberi daya ungkit elektroral pada survei Indikator. Sepak bola tak hanya disukai generasi senior tetapi juga generasi muda," ucap Sukri.

Dengan masih jauhnya pelaksanaan pilpres, Sukri menduga elektabilitas Erick masih dapat terus merangkak naik. Terlebih lagi ketika Sandy atau Ridwan Kamil tak maju menjadi cawapres dari salah satu kandidat capres. Saat ini karena kandidat capres yang ada belum memutuskan nama cawapresnya, maka suara pemilih masih terbagi.

Halaman Selanjutnya
img_title