Timnas U-22 Jangan Terjebak Emosi Timor Leste

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri
Sumber :
  • ANTARA/RAUF ADIPATI

VIVA Jabar - Pelatih Indra Sjafri mengingatkan kepada anak-anak asuhannya di U-22 sebelum menjalani laga penentuan melawan Timor Leste demi lolos ke babak semifinal di Olympic Stadium, Phnom Penh pada Minggu (7/5/2023) hari ini. Ia minta untuk mewaspadai potensi kejutan yang dapat diberikan oleh Timor Leste saat tanding nanti.

Erick Thohir Sebut Generasi Emas Sepakbola Indonesia Telah Lahir

Setelah memulai fase group dengan kekalahan 0-4 dari tuan rumah Kamboja dan dipukul 0-1 oleh Myanmar, Timor Leste mampu mencuri tiga point berkat kemenangan 3-0 atas Filipina pada pertandingan terakhir.

Kondisi ini patut diwaspadai Timnas Garuda Muda. Meski hanya butuh imbang, kata Ia, jika dilihat grafik hasil itu, maka Timor Leste menunjukkan irama permainan yang makin membaik. Sebab, perolehan 3 point bisa saja Timor Leste ingin menaikkan klasemen di Group A dan lolos ke semifinal.

Pelatih Guinea Percaya Diri Lolos Olimpiade Paris 2024 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Keberhasilan U-22 dalam 2 laga, baik kemenangan melawan Filipina (3-0) dan Myanmar (5-0), serta Indonesia berhasil nirbobol, bukan berarti kemenangan itu akan otomatis terjadi saat melawan Timor Leste.

Terlebih, dalam setiap pertandingan melawan Indonesia, kerap kali memperlihatkan semangat juang tinggi dan beberapa kali menampilkan permainan kasar yang dapat memancing emosi para pemain lawan.

Erick Thohir Diduga Sindir Marselino Ferdinan, Sebut Sepakbola Bukan Permainan 2 Orang

Sekedar diinfokan, dalam sejarah pertandingan antar kedua tim ini, Indonesia vs Timor Leste, Indonesia selalu berada pada posisi menang. Di pertemuan pertama (2013), hasil akhir imbang (0-0). Pada 2 pertemuan berikutnya Indonesia 2 kali menang, 1-0 pada Agustus 2017 dan 4-1 pada 2022.