Tak Hanya UMKM, Gernas BBI juga Targetkan 1,2-1,4 M Perjalanan Wisata Terjadi Tahun 2023

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Pemerintah secara konsisten menjalankan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) untuk meningkatkan jumlah usaha mikro, kecil dan menengah, industri kecil dan menengah (IKM), serta pelaku ekonomi kreatif agar masuk ke dalam ekosistem digital. 

Turis di Bali Kembali Berulah di Malam Hari, Netizen Geram

Sejak diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020, pemerintah terus mengajak masyarakat Indonesia agar semakin bangga dan cinta membeli dan menggunakan produk lokal berkualitas, sehingga industri dalam negeri dapat tumbuh dan berkembang.

Hingga pertengahan tahun ini, Tim Gernas BBI yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi telah melaksanakan rangkaian Gernas BBI di beberapa provinsi, yaitu Banten, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, Riau, dan Kalimantan Tengah. 

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

Pada Juli ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai Campaign Manager membuka kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia di Bumi Rafflesia tersebut.  

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

Sementara itu, Kementerian Perindustrian berperan sebagai co-Campaign Manager BBI dan BBWI Bengkulu 2023 dengan dukungan dari Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, top brands, BUMN, BUMS, idEA, serta pihak lainnya. 

Kemenperin konsisten mendampingi Pemprov Bengkulu sejak tahap pendataan, kurasi IKM, launching kampanye, pelatihan dan pendampingan bagi 30 IKM/UMKM terpilih, perluasan akses pasar, hingga harvesting atau puncak acara.

Halaman Selanjutnya
img_title