Benarkah Toge Ada Kaitannya Dengan Kesuburan? Berikut Penjelasan dr. Juwalita

Ilustrasi Kecambah
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Bagi sepasang suami-istri pasti selalu mendambakan keturunan. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menjaga keharmonisan serta upaya melecut kesuburan agar diberi kehadiran sang buah hati.

Dwinan Marchiawati, Kepala Dinas Subang yang Mengawali Karir Sebagai Dokter

Anggapan masyarakat, sering kali kita jumpai, menginformasikan bahwa untuk menyuburkan dan meningkatkan hormon, maka dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti toge. Padahal, hasil penelitian belum ada yang menyebutkan demikian 

Spesialis Gizi Klinik, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK, menjelaskan bahwa toge kerap diasumsikan sebagai makanan yang membantu kesuburan laki-laki dan perempuan. Namun ternyata, dokter Juwalita menyebut bahwa belum ada bukti penelitian terkait konsumsi toge dan kesuburan.

Azhiera Sebut Kurnia Meiga Bohongi Dokter yang Dikirim Erick Thohir

"Meski ada kandungan fitoestrogen, itu seperti hormon estrogen untuk saluran reproduksi wanita, namun belum ada penelitiannya terkait konsumsi toge bisa tingkatkan kesuburan," tuturnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Rabu (7/6/2023) lalu dilansir dari viva.co.id

Memang ada yang beda antara toge dengan nasi. Dokter Juwalita mengatakan, konsumsi toge dalam jumlah tepat dapat memangkas berat badan berlebihan.

Kondisi Olla Ramlan Setelah Heboh Minta Tolong

Dibanding nasi, 100 gram toge hanya mengandung 35 kalori sehingga membantu kenyang lebih lama tanpa menimbun kalori berlebihan.

"Seratus gram toge mengandung 35 kalori. Sedangkan 100 gram nasi mengandung 75 kalori. Coba kurangi porsi nasi dan ganti dengan komposisi sayuran lebih banyak sehingga komposisi kalori bisa diganti," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title