Proyek Food Estate Gagasan Jokowi Dikritik oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Hasto Kristiyanto, Sekjend PDI Perjuangan
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar Perhatian terhadap proyek food estate atau lumbung pangan meningkat setelah Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengkritiknya. Dalam kritiknya, Hasto menyatakan bahwa food estate merupakan bentuk kejahatan terhadap lingkungan.

PDI Perjuangan Konsolidasi Jemput Kemenangan Pilkada di Jabar, Punya 63 Bakal Calon

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara menyebut kritik yang dilontarkan Hasto jadi pertanyaan. Dia menekankan demikian karena kritikan Hasto itu mengarah kepada semua pihak termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan kader PDIP.

Menurut dia, omongan Hasto yang menyebut food estate sebagai kejahatan lingkungan dianggap bisa saja menghina beberapa kader PDIP yang ada di pemerintahan. Sebab, Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung secara resmi sudah menyampaikan food estate sebagai program resmi pemerintah.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Presiden Jokowi Meninjau Food Estate di Wonosobo

Photo :
  • screenshoot by Viva

Proyek food estate disebut sengaja digagas Jokowi sebagai solusi masa depan dalam mewujudkan tatanan pangan untuk rakyat Indonesia. Bagi dia, secara tak langsung pernyataan Hasto juga menyinggung Pramono Anung yang merupakan Sekretaris Kabinet Indonesia Maju serta kader senior PDIP.

Ganjar Pranowo Ungkap Isi Pertemuan dengan Megawati di Menteng

"Istilahnya kritik Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto jadi seperti jeruk makan jeruk," kata Igor Dirgantara, dalam keterangannya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Igor mengatakan, program food estate yang digagas Jokowi dipersepsikan bermanfaat untuk kepentingan rakyat di masa depan. Menurut dia, proyek di bawah naungan Menteri Pertahanan RI itu dianggap bisa menjamin kedaulatan rakyat termasuk urusan pangan. Apalagi, kata dia, jumlah angka penduduk Indonesia saat ini terus bertambah.

Halaman Selanjutnya
img_title