JSPP dan Ragaplasma Rilis Hasil Survei Capres-Cawapres, Elektabilitas Prabowo-Gibran Menang di Jabar

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • Berbagai Sumber

VIVA Jabar – Menjelang pilpres 2024 berbagai lembaga survei terus memantau perkembangan elektabilitas pasangan capres-cawapres. Tak terkecuali Jaringan Survei Pemuda Pelajar (JSPP) dan Ragaplasma yang baru-baru ini merilis hasil survei nya.

Ketua Umum PDIP Sudah Tahu Rencana Pembentukan Presidential Club

Menurut hasil survei JSPP dan Ragaplasma, pasangan Capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menempati posisi pertama.

Dalam rilisnya, elektabilitas Prabowo-Gibran memperoleh angka 48%, sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 26% dan pasangan Ganjar-Mahfud memperoleh 15%.

Tegaskan Jadi Oposisi, Ganjar Pranowo Ingatkan Hal Ini

Direktur JSPP, Salman Ramadhani mengatakan Prabowo-Gibran menang survei di Jawa Barat karena tingkat kesukaan dan popularitasnya lebih tinggi dari pasangan calon yang lain.

"Elektabilitas kandidat calon presiden dan wakil presiden di Jawa Barat, Prabowo-Gibran unggul cukup jauh dibanding dua kandidat lainnya. Elektabilitas Prabowo tinggi karena tingkat popularitas dan kesukaan cenderung lebih tinggi dibanding kandidat lainnya," kata Direktur JSPP Salman Ramadhani, Kamis (16/11/2023) lalu.

Presidential Club, Strategi Prabowo Dalam Menyatukan Mantan Pemimpin Bangsa

Selain itu, JSPP dan Ragaplasma juga melakukan survei terhadap individu calon. Hasilnya, elektabilitas Prabowo tercatat mencapai 88%, disusul Anies 78%, Ganjar 73%, Gibran 62%, Mahfud MD 49%, dan Muhaimin 44%.

"Dan untuk tingkat kesukaan dari masyarakat Jawa Barat, Prabowo mendapat 74%, Anies 67%, Muhaimin 63%, Gibran 61%, Mahfud MD 59%, dan Ganjar 55%," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title