Sering Minum Air Dingin? Ini Efek Negatifnya Bagi Tubuh Menurut Zaidul Akbar

Zaidul Akbar
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Minum air putih sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Bahkan, akan sangat baik jika sehari semalam seseorang minum air putih sedikitnya sampai 8 gelas.

Segera Hadir! Shopee ASEAN Club Championship, Turnamen Sepakbola Antar Klub Asia Tenggara

Namun, penting untuk diperhatikan jenis air putih yang dikonsumsi. Tentunya, air segar memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Akan tetapi, yang tak kalah penting adalah suhu air. Sebab, itu memiliki pengaruh dalam menentukan baik buruknya kondisi tubuh.

dr. Zaidul Akbar memaparkan dampak negatif apabila sering mengkonsumsi air dingin. Menurutnya, air dingin bisa berdampak kurang baik bagi tubuh.

Lancarkan Psywar, Bek Vietnam Sebut Pemain Naturalisasi Indonesia Hanya Level Asia Tenggara

Dokter sekaligus pendakwah tersebut mengatakan suhu tubuh kita normalnya 37 derajat. Katanya, suhu tersebut tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Jadi, saat kita ada keinginan untuk minum air dingin, itu sebenarnya ada keringan yang perlu kita keluarkan.

"Di saat sensasi minum air dingin muncul, justru jangan minum dingin. Tapi justru minum air anget atau air normal. Sebab kalau kita minum air dingin apa yang terjadi? Bakal nagih lagi, nagih lagi," ujar Zaidul dalam video di Youtube FatimahDAKWAH, dikutip VIVA, Selasa 9 Januari 2024.

Fasilitasi Kebutuhan Mudik, Oona Indonesia Luncurkan Asuransi Mobil Mudik

Menurut Zaidul Akbar, air yang baik untuk dikonsumsi adalah air dengan suhu yang normal. Kendati di beberapa hadis disebutkan terkait air dingin, namun menurutnya, suhu di Mekkah dan Madinah sangat panas dan sudah pasti berbeda dengan suhu kita di Asia Tenggara.

Selanjutnya, Zaidul Akbar mengatakan sering minum air dingin bisa merusak ginjal.

Halaman Selanjutnya
img_title