Mahfud MD Mundur dari Menkopolhukam, Singgung Etika dengan Pribahasa Jawa

Mahfud MD
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Kabar mundurnya Mahfud MD dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) ternyata bukan isapan jempol belaka.

Ganjar Pranowo Ungkap Isi Pertemuan dengan Megawati di Menteng

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 itu membulatkan tekatnya terlebih setelah berembuk dengan Capres Ganjar Pranowo dan koalisi partai pengusungnya di Pilpres 2024.

Namun demikian, Mahfud MD tidak serta-merta mundur begitu saja. Pria berdarah Madura itu menempuh tahapan seperti menemui Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno agar mengatur jadwal untuk bertemu langsung dengan Presiden Jokowi dan menyampaikan langsung surat pengunduran dirinya atau pamitan secara baik-baik.

Ganjar Pranowo: Lebih Baik Berada di Luar Pemerintahan

Dalam satu kesempatan Mahfud bahkan menyinggung soal etika. Ia bahkan melontarkan pribahasa Jawa soal etika tersebut.

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu. Saya akan pamit baik-baik," ujar Mahfud di Lampung, Rabu (31/1/2024).

Yusril Tanggapi Gugatan Anies dan Ganjar

Untuk diketahui, makna dari pribahasa Jawa tinggal glanggang colong playu adalah mudah meninggalkan tanggung jawab.

Kemudian, Mahfud mengungkapkan bahwa dirinya diangkat secara terhormat dan penuh kepercayaan oleh presiden Jokowi. Karenanya, ia akan mengembalikan tanggung jawab itu secara terhormat pula.

Halaman Selanjutnya
img_title